Fakta Lukisan Gua Berumur 40.000 Tahun dari Indonesia

Lukisan gua.
BAKUL - Peninggalan sejarah di tanah air terus menerus terungkap. Setelah gunung padang ditemukan, yang diperkirakan sangat tua. Banyak peninggalan tua yang terus menrus ditemukan, salah satunya adalah lukisan di gua.

Sebuah lukisan gua yang berada di Sulawesi, diperkirakan dibuat sekitar 40.000 tahun yang lalu. Dan lukisan ini adalah lukisan paling tua yang pernah ditemukan di benua Asia. Sungguh fantastis.

Lukisan tersebut di antaranya berbentuk tangan dan gambar binatang. Dan lukisan yang serupa pernah ditemukan di daratan Eropa, yang merupakan lukisan paling tua yang pernah ada di dunia. Hal ini bisa memberi petunjuk, kehidupan manusia pra sejarah.

Lukisan gua.
Lukisan ini telah dilakukan uji karbon, dan usianya menunjukkan berumur 40.000 tahun yang lalu, yang ditemukan oleh tim gabungan dari Indonesia dan Australia.

Lalu apakah ada hubungannya dengan lukisan yang pernah ditemukan di Spanyol? Yang berusia 40.800 tahun lalu? Padahal jarak keduanya terpisah hampir 13.000 kilometer. Pertanyaan ini muncul di antara arkeolog.

Salah satu arkeolog yang tergabung, yang berasal dari Universitas Wollongong mengatakan, jika lukisan ini ada hubungannya dengan perkembangan populasi manusia saat itu, yang berasal dari Afrika sekitar ratusan ribu tahun yang lalu.

"Lukisan di dinding batu ini bisa menjadi petunjuk yang sama tentang populasi manusia di Eropa dan Asia, dan bisa saja ini menjadi indikasi dari migrasi manusia dari daratan Afrika ratusan tahun yang lalu, jika memang kedua lukisan ini memiliki kesamaan yang identik," ucap salah seorang tim.

Di dalam gua tersebut, total terdapat 12 lukisan tangan, dan dua lukisan yang mirip dengan binatang. Dengan menggunakan isotop radioaktif, kedua lukisan tersebut berasal dari tahun 39.900 dan 17.400 tahun yang lalu.

Faktanya, dengan ditemukannya lukisan ini, Eropa kini tidak bisa mengklaim sebagai pemilik lukisan gua abstrak lagi.

Daily Mail

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Lukisan Gua Berumur 40.000 Tahun dari Indonesia"

Posting Komentar