Tiga Gelas Susu Perhari Tingkatkan Risiko Kematian?

Wanita minum susu.
BAKUL - Susu telah lama direkomendasikan oleh dokter dan ahli gizi, untuk meningkatkan asupan kalsium dan membantu menjaga tulang yang kuat. Tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa, susu dapat melipatgandakan risiko kematian dini.

Sebuah studi yang melibatkan sekitar 61.000 perempuan dan 45.000 laki-laki selama 20 tahun, menemukan ada atau tidak pengurangan patah tulang, bagi mereka yang mengkonsumsi susu yang paling sering.

Terutama bagi perempuan, yang selalu dikaitkan dengan peningkatan kemungkinan menderita patah tulang.

Namun ada fakta mengejutkan lainnya, dari hasil penelitian tersebut. Mereka yang minum tiga gelas atau lebih susu dalam sehari, sekitar 680 ml, dua kali lebih mungkin untuk meninggal lebih awal, dibandingkan mereka yang mengonsumsi kurang dari satu.

Dan NHS (Badan kesehatan Inggris) merekomendasikan susu untuk membantu osteoporosis, dengan konsumsi tidak lebih dari 550 ml per hari, yang jumlahnya sangat pas untuk memberikan asupan kalsium setiap hari.

Peneliti utama studi tersebut, Profesor Karl Michaelsson, dari University Uppsala di Swedia, mengatakan: "Hasil penelitian kami mungkin mempertanyakan validitas rekomendasi untuk mengkonsumsi susu dalam jumlah tinggi, untuk mencegah patah tulang. Namun konsumsi yang lebih tinggi dari susu pada wanita dan laki-laki, bisa meningkatkan kematian yang lebih tinggi. "

Peneliti percaya bahwa lemak dalam susu membatalkan efek positif dari kalsium, memicu peradangan dan meningkatkan risiko serangan jantung.

Namun, produk susu rendah lemak seperti keju dan yogurt, memiliki efek lebih menguntungkan, mengurangi kematian dini dan meningkatkan kesehatan tulang.

Prof Sue Lanham-New, kepala Departemen Ilmu Gizi di Universitas Surrey, mengatakan: "Kita tahu bahwa asupan kalsium yang rendah (kurang dari 400 mg per hari) merupakan faktor dari risiko untuk osteoporosis. Individu tetap harus mengkonsumsi makanan yang seimbang dari lima kelompok makanan utama, dan susu adalah kunci. "

Kendati demikian, penelitianini masih pro dan kontra. Dan Penelitian ini telah diterbitkan dalam British Medical Journal. tetapi ada baiknya Anda untuk tetap mengonsumsi susu, dan pilihlah susu rendah lemat, untuk hasil yang masksimal.


Telegraph
loading...

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tiga Gelas Susu Perhari Tingkatkan Risiko Kematian?"

  1. Salah satu kandungan susu adalah mineral kalsium. Mineral ini bertanggung jawab pada kesehatan tulang dan gigi.

    BalasHapus
  2. Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik yaa.. ternyata susu rendah lemak, yoghurt dan keju adalah pilihan yang lebih baik.. tks untuk artikelnya yaa..

    BalasHapus