5 Alasan Bertahan di Hubungan yang Tidak Sehat

Pasangan bertengkar.
BAKUL - Dalam setiap hubungan, baik pacaran dan suami istri, sering kita mendapatkan permasalahan. Mulai dari yang ringan hingga permasalahan yang cukup berat. Tetapi terkadang ada yang bisa melaluinya dengan baik, dan ada yang berakhir dengan perpisahan.

Namun tidak sedikit juga yang bertahan, dengan beragam alasan, walaupun permasalahan yang sama kerap menjadi perselisihan. Dengan harapan baik dari salah satu pihak, wanita maupun pria bisa berubah, dan menjadi lebih baik lagi.

Lalu kenapa seseorang yang sedang menjalin hubungan ingin mempertahankannya? Berikut lima alasan yang sering digunakan untuk bertahan di sebuah hubungan yang tidak sehat:

1. Tidak ingin anak tumbuh dari keluarga yang hancur
Tidak sedikit anak yang masa depannya suram, setelah keluarganya bercerai. Salah satu dari kedua orangtuanya sering disalahkan, yang menyebabkan perkembangan mental anak terganggu. Alasan inilah yang menjadi penguat untuk tetap bertahan di dalam hubungan yang tidak sehat.

2. Berharap adanya perubahan
Setiap permasalahan yang muncul dalam sebuah hubungan, biasanya diawali dengan pertentangan atau adanya orang ketiga. Tetapi ada yang memaafkan dan memberikannya kesempatan kedua, untuk berubah dan melanjutkan hubungan yang telah dan sedang terjalin.

3. Bertahan karena ia menjadi orang lain
Saat hubungan terjalin cukup lama, biasanya kita akan mengenal karakter pasangan dengan cukup baik. Namun jika ia sedang berada dalam perubahan yang terlihat, biasanya pasangan akan memakluminya, atau berpendapat jika ia sedang menjadi diri orang lain. Dan biasanya mencoba berusaha bertahan dalam hubungan tersebut.

4. Tidak bisa menemukan orang yang lebih baik
Terkadang ada ketakutan, terutama bagi wanita yang ingin meninggalkan pasangannya, sedangkan hubungan yang telah terjalin sering dihadapkan pada perselisihan, mereka takut jika tidak bisa mendapatkan pria yang lebih baik dari yang ia miliki saat ini. Sehingga hubungan yang tidak sehat kerap dipertahankan.

5. Bertahan karena ketergantungan
Tidak sedikit bagi ibu rumah tangga yang mencoba bertahan, saat hubungannya yang terjalin sedang 'rusak', hal ini dikarenakan ia tidak bisa atau ketakutan tidak bisa memberikan nafkah bagi anaknya.

Ada baiknya, setiap permasalahan ada solusinya. Dan komunikasi dua arah yang baik, bisa menjadi obat, dalam sebuah hubungan yang sedang tidak sehat, yang bisa berakhir kepada perceraian atau putus hubungan.

sumber
loading...

Subscribe to receive free email updates: