Lima Bahan Berbahaya yang Terdapat dalam Lipstik

Menggunakan lipstik.
BAKUL - Bagi wanita lipstik merupakan benda yang tidak dapat dipisahkan, apalagi mereka yang mempunyai kegiatan di luar rumah. Lipstik ampuh mengatasi penampilan bibir yang kering, dan tidak menarik. Dan biasanya, wanita karir mengenakannya setiap kali berangkat kerja.

Setiap wanita pasti mempunyai warna favorit lipstik yang digunakannya, dan biasanya tidak jauh dari warna merah. Namun yang perlu Anda perhatikan dan ketahui adalah, kandungan dari lipstik itu sendiri. Karena tidak jarang lipstik justru membahayakan tubuh Anda.

Hindari juga produk lipstik dengan harga yang murah, karena biasanya mempunyai kualitas yang buruk. Bahkan kimia yang terkandung di dalamnya bisa menyebabkan kanker, jika Anda gunakan setiap hari. Lalu seperti apa bahaya dari lipstik berkualitas rendah? Berikut penjelasannya:

1. Logam Berat
Lipstik berkualitas rendah biasanya menggunakan zat seperti kromium, kadmium dan magnesium. Hal ini akan meningkatan risiko penyakit berbahaya dan kerusakan organ. Tingginya kadar kadmium dapat disimpan di ginjal, dan akhirnya menyebabkan gagal ginjal. Menggunakan lipstik berkali-kali sepanjang hari, dapat menyebabkan tumor perut. Ini adalah beberapa efek berbahaya dari lipstik.

2. Timbal
Sebagian besar lipstik memiliki kadar timbal yang berbahaya. Timbal adalah neurotoksin dan dapat mempengaruhi sistem saraf. Dan dapat menyebabkan kerusakan otak. Ini adalah salah satu alasan untuk ketidakseimbangan hormon dan infertilitas.

3. Petrokimia
Ini adalah salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatan lipstik. Ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Ini adalah bahan kimia yang dibuat dari minyak mentah dan gas alam. Selain itu, dapat menyebabkan gangguan endokrin, yang mengganggu pertumbuhan, reproduksi, perkembangan dan kecerdasan.

4. Formaldehida dan minyak mineral
Formaldehida adalah pengawet, yang juga dikenal sebagai karsinogen--bahan penyebab kanker-- pada manusia. Sesak, batuk, iritasi mata dan efek lainnya pada kulit akibat formalin. Minyak mineral adalah bahan lain yang digunakan dalam lipstik untuk memblokir pori-pori. Banyak efek berbahaya dari lipstik adalah karena bahan kimia ini.

5. Paraben dan Bismuth oxy klorida
Ini adalah dua bahan lain yang digunakan dalam pembuatan lipstik. Efek berbahayanya adalah bahan ini adalah karsinogenik. Paraben bertindak sebagai pengawet seperti formalin. Meskipun ini digunakan untuk membuat bibir lebih cantik.

Alangkah bagusnya, jika bibir Anda bebas dari bahan kimia, terlebih lipstik digunakan pada bibir yang merupakan 'pintu' masuknya makanan, yang baik disengaja atau tidak akan terbawa ke dalam saluran pencernaan.

sumber
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Lima Bahan Berbahaya yang Terdapat dalam Lipstik"

  1. Logam berat sangat berbahaya, apa lagi jika sering terpapar bisa merusak ginjal dan hati.

    BalasHapus