Unik, Dinding Rumah di Desa Ini Berubah Menjadi Lukisan Mural

Lukisan mural di desa Huija.
BAKUL - Kreativitas seseorang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Demikian juga untuk media yang dipakai, terutama  untuk kreatiivitas dalam melukis. Bisa dilakukan pada media kertas hingga dindin, dengan beragam corak, gambar dan tulisan.

Demikian juga untuk lukisan mural, yang biasanya berisi pesan dan gambar-gambar lucu. Bisa dilakukan oleh siapapun dan biasanya dilukis di dalam dinding. Tetapi apa jadinya jika lukisan mural ini merubah sebuah desa dan menjadikannya unik?

Inilah yang dilakukan oleh tiga bersaudara, yang telah telah melepaskan kehidupan baru ke jalan-jalan desa kecil di Huija, Taiwan, dengan serangkaian mural berwarna-warni dan gambar karakter kartun. Mereka tidak pernah menyangka, liburannya saat mengunjungi neneknya sekitar setahun yang lalu mengubah desa.

Awalnya, mereka memutuskan untuk melukis bagian luar rumahnya dengan karakter kartun termasuk Daruma boneka, yang merupakan jimat keberuntungan di Jepang, dan mereka melakukanya hanya untuk menghabiskan waktu luang. Pada salah satu jendela yang mereka dicat ada tulisan: "Di sinilah nenek tinggal."

Warga desa lainnya ternyata mulai tertarik, dan membuat hal yang sama, yaitu dicat pada dinding rumahnya, dan sebelum mereka tahu itu, seluruh desa dipenuhi dengan mural berwarna-warni.

Bahkan ada anak-anak dari beberapa sekolah seni yang datang, untuk menawarkan jasa mereka, dan beberapa warga bahkan mempekerjakan pelukis profesional untuk melukis dinding yang kosong di rumah mereka. Gerakan seni ini sangat spontan, dan ternyata telah membawa wisatawan dan uang ke daerah tersebut.

Desa, yang hampir tidak pernah melihat orang asing ini, kecuali selama perayaan candi tiga kali dalam setahun, sekarang memiliki turis hampir setiap hari. Selama akhir pekan, sebagian besar turis dari Hong Kong dan China datang dalam jumlah yang besar. Tur untuk semua mural di Huija ini, memakan waktu sekitar dua jam.

Untuk melihat foto-fotonya, silahkan klik di sini
loading...

Subscribe to receive free email updates: