10 Peringatan Berbahaya Anda Memiliki Kanker

Kanker paru-paru.
BAKUL - Siapapun pasti tidak ingin terkena penyakit kanker. Selain sangat sulit diobati, para ahli dalam penelitian terbarunya mengatakan, jikakanker adalah cara terbaik untuk meninggal. Karena hampir 90 penyakit ini sulit untuk disembuhkan.

Hal ini dikarenakan, penderita kanker telat mengetahui, jika di dalam tubuhnya terdapat sel-sel kanker yang telah tumbuh. Keterlambatan inilah yang menyebabkan dokter menyimpulkan hal yang demikian. Tetapi, Anda bisa memulainya dengan mencegahnya, atau melihat tanda-tanda awal.

Jika Anda batuk terus-menerus, sakit sulit untuk menyembuhkan, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan dan pola buang air kencing yang berubah, maka perlu waspada. Karena bisa saja tubuh Anda sedang 'diserang.'

Penyakit yang mungkin tampak tidak berbahaya, bisa mengejutkan Anda jika tidak diobati atau dilakukan pemeriksaan. Untuk itu, tahu akan kondisi tubuh yang sehat adalah keharusan bagi kita. Karena bagaimanapun, setiap gejala yang berbeda akan kita rasakan sendiri.

Seperti pada kanker, tim peneliti dari Inggris telah mengeluarkan 10 tanda berbahaya, yang terlihat jika tubuh kita terkena sel-sel kanker. Hal ini dikeluarkan untuk membantu menyelamatkan banyak nyawa manusia.

Berikut 10 gejala yang merupakan 'bendera merah' bagi Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter:

  1. Batuk terus-menerus atau suara serak, bisa menunjukkan Anda kanker paru-paru.
  2. Perubahan penampilan mol atau kulit, yang biasanya berwarna lebih gelap, bisa berarti Anda menderita kanker kulit.
  3. Perubahan terus-menerus dalam kebiasaan buang air besar, bisa menjadi tanda kanker usus.
  4. Sakit yang tidak kunjung sembuh, tergantung di bagian tubuh mana, misalnya pada bagian ulkus mulut bisa berarti kanker mulut.
  5. Kesulitan menelan secara permanen, dapat berarti seseorang menderita kanker esofagus.
  6. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, dapat menjadi indikator beberapa jenis kanker.
  7. Perubahan terus-menerus dalam buang air kecil, bisa menjadi tanda dari kanker kandung kemih dan kanker prostat pada pria.
  8. Benjolan yang muncul dan tidak dapat dijelaskan, bisa menjadi tanda peringatan dari berbagai bentuk penyakit.
  9. Nyeri yang sulit dijelaskan, tergantung di mana, dapat menunjukkan berbagai jenis kanker.
  10. Perdarahan yang tidak dapat dijelaskan, tergantung di mana, tapi biasanya di usus, kanker serviks atau vulva.

Dr Katriina Whitaker, seorang peneliti senior di University College London, mengatakan, banyak orang yang diwawancarai sebagai bagian dari studi, menyepelekan gejala-gejala tersebut.

Orang sering tidak memutuskan untuk pergi check up, karena mereka takut diagnosis kanker, sementara beberapa tidak bisa menjelaskannya.

Walaupun kesepuluh gejala tersebut tidak terlalu berbahaya, dan bisa juga bukan gejala kanker. Alangkah baiknya jika Anda memulai berkonsultasi ke dokter, jika salah satu dari kesepuluh tanda tersebut ada pada diri Anda.

Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan.

sumber
loading...

Subscribe to receive free email updates: