Hati-hati, Cemilan Asal China Ini Sangat Beracun

Cemilan berbahaya asal China. Foto
BAKUL - Saat santai terutama berada di depan layar televisi, atau di meja kantor, biasanya kita tidak bisa lepas dari cemilan. Dan banyak sekali cemilan yang beredar di masyarakat yang populer, dengan beragam rasa mulai dari pedas hingga manis.

Namun, terlalu banyak cemilan tentunya tidak baik bagi kesehatan Anda. Selain terlalu banyak mengandung garam atau gula, cemilan biasanya mengandung lemak dan kalori yang banyak. Maka pembatasan memakan cemilan perlu dilakukan bagi Anda yang peduli dengan kesehatan.

Saat ini, di Indonesia cemilan bukan hanya berasal dari buatan anak negeri. Banyak sekali di supermarket atau toko cemilan yang menawarkan cemilan berasal dari luar negeri, terutama China, yang banyak sekali menggelontorkan produknya.


Cemilan berbahaya asal China.
Sebuah penyelidikan yang dilakukan oleh wartawan dengan menyamar, telah mengungkapkan kondisi menjijikkan di mana makanan ringan yang sangat populer, yang dikenal sebagai 'Spicy Sticks' ini dibuat dipabriknya.

Makanan yang terbuat dari tepung, minyak dan zat aditif pedas ini, sangat populer di kalangan orang dewasa dan anak-anak karena harganya yang murah. Tetapi banyak laporan di media, jika makanan ini menyebabkan sakit yang ekstrem di bagian perut.

Makanan ringan ini tidak hanya dijual di China, ribuan orang telah memesan cemilan ini melalui situs online terkemuka seperti Amazon.

Banyak konsumen telah melaporkan menderita sakit parah dan diare setelah makan cemilan tersebut, dan satu anak perempuan berusia tiga tahun itu dilaporkan mempunyai luka bernanah di sekitar mulutnya, setelah sering mengunyah makanan ringan tersebut.

Ternyata, proses pembuatan cemilan ini tidak higienis. Bahkan banyak pekerja yang tidak menggunakan standar pembuatan makanan, seperti sarung tangan.

Makanan berbentuk panjang ini, disebut media China tidak sehat dan bahkan menyebabkan kanker. Pihak berwenang kini akan menindak pelanggaran kebersihan dan keselamatan peraturan produsen makanan.

Menurut laporan badan BPOM China, setidaknya ada 15 merek Spicy Stick yang dilarang, karena melebihi tingkat keasaman, bakteri atau bahan kimia lainnya.

Pada tahun 2011, 53 produsen makanan ringan diperintahkan untuk ditutup oleh Komite Keamanan Pangan Beijing, tapi kritikus mengklaim banyak perusahaan terus beroperasi secara ilegal di bawah dengan nama baru.
loading...

Subscribe to receive free email updates: