8 Bahaya Kafein bagi Anak-anak

Anak sakit kepala. Foto
BAKUL - Jika berbicara kafein, pasti pikiran kita akan tertuju kepada kopi. Ya, memang kopi merupakan salah satu minuman yang memiliki kandungan kafein. Tetapi ternyata, bukan hanya minuman kopi saja yang memiliki kandungan kafein.

Ada juga teh, minuman berenergi, bahkan obat-obatan yang mengandung kafein. Kafein sendiri dibutuhkan untuk mendongkrak stamina, dan membuat rasa kantuk hilang, namun kebutuhan hariannya sangat kecil.

Bagi orang dewasa, mengonsumsi kafein dari kopi atau minuman lainnya mungkin tidak menjadi masalah, tetapi jika anak-anak mengonsumsi kafein apa efeknya? Berikut bahaya dari konsumsi kafein pada anak-anak.


Berikut delapan bahaya kafein pada anak-anak yang kami kutip dari Boldsky:

1. Defisiensi
Anak-anak yang menikmati minuman yang mengandung kafein, cenderung menderita kekurangan vitamin dan mineral. Minuman berkafein biasanya tidak menyediakan nutrisi, dan orang tua harus fokus pada makanan anak-anak dengan gizi seimbang.

2. Merusak gigi
Ini adalah fakta bahwa minuman manis dan mengandung kafein, dapat merusak gigi. Gigi berlubang dan masalah lainnya, biasanya disebabkan oleh minuman asam berkafein seperti kopi.

3. Obesitas
Anak-anak yang mengkonsumsi minuman ringan mengandung kafein cenderung menderita obesitas. Sebagai orang tua, lebih baik untuk mengindarkan anak-anak dari minuman berkafein.

4. Kegelisahan
Kafein berlebih juga dapat menyebabkan kegelisahan pada anak-anak. Anak-anak Anda mungkin merasa gelisah sampai efek kafein menghilang.

5. Masalah perut
Apakah Anda tahu bahwa, anak-anak dapat menderita masalah perut karena kafein? Terutama dapat merusak lambung, karena asam yang berlebihan.

6. Gangguan tidur
Apa yang kafein lakukan untuk anak-anak? Nah, selain dari menyebabkan masalah kesehatan, juga dapat mengganggu pola tidur alami anak-anak. Pastikan anak-anak Anda mengkonsumsi kafein dalam jumlah kecil saja, jika dibutuhkan.

7. Sakit kepala
Kafein bisa menyebabkan sakit kepala, dan dapat menjadi candu bagi anak-anak. Anak harus terbiasa minum susu dan harus menghindari kopi.

8. Dehidrasi
Di musim panas, lebih baik untuk menghindari kopi dan membiarkan anak-anak Anda minum jus buah, bukan minuman berkafein. Anak-anak mungkin menderita dehidrasi, ketika ada terlalu banyak kafein dalam sistem mereka.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Bahaya Kafein bagi Anak-anak"

Posting Komentar