Berapa Usia Paru-paru Anda?

Ilustrasi paru-paru. Foto
BAKUL - Selama bertahun-tahun, para ahli sudah memikirkan jika kesehatan jantung sebagai penting untuk menunjang hidup yang panjang. Namun banyaknya studi yang dilakukan, ternyata tidak hanya jantung saja yang berperan penting terhadap umur.

Dalam studi terbaru telah menemukan bahwa, kapasitas paru-paru sama pentingnya terhadap faktor panjangnya umur. Beberapa ahli nyarankan untuk melakukan tes paru-paru, seperti yang biasa dilakukan pada tekanan darah atau kolesterol.

Paru-paru juga bisa mempunyai 'umur' lebih tua atau lebih muda, daripada umur kita yang sebenarnya. Lalu bagaimana caranya kita tahu, berapa 'usia' paru-paru kita?

Seperti halnya usia kita, umur dan kapasitas paru-paru kita akan terus berkurang. Selama bertahun-tahun, jaringan paru-paru akan menjadi rapuh. Pernapasan dapat terganggu, sehingga pasokan oksigen ke sel tubu akan semakin berkurang.

Satu studiyang dilakukan oleh Universitas Buffalo, Amerika Serikat, menemukan orang-orang dengan fungsi paru-paru terendah, memiliki risiko kematian dini dua kali lipat.

Merokok dan asma, atau penyakit paru obstruktif kronik juga dapat mengurangi kapasitas paru-paru.

Dan kapasitas paru-paru juga dapat dipengaruhi oleh tinggi badan. Orang yang lebih tinggi, memiliki paru-paru yang lebih besar. Dan jenis kelamin, laki-laki memiliki paru-paru yang lebih besar, daripada wanita.

Demikian juga dengan etnis, orang-orang Afro-Karibia dan India memiliki volume paru-paru sedikit lebih rendah.

Lalu apa itu 'usia' paru-paru?

Itu mungkin sedikit aneh, di mana ada orang muda dengan kerusakan paru-paru memiliki usia yang lebih 'tua' dari usia mereka yang sebenarnya. Sebaliknya, orang yang lebih tua, yang tidak pernah merokok dapat memiliki paru-paru lebih muda.

Sebuah penelitian di Inggris tahun 2008 menemukan, perokok memiliki usia paru-paru lebih tua dua kali lipat. Lalu bagaimana mengujinya?

Cara kerja uji:

Setiap orang yang akan diuji diminta untuk meniup alat yang disebut spirometer. Pengukurannya dipecah menjadi tiga faktor:

1. FEV1 (volume ekspirasi paksa dalam satu detik). Jika saluran udara Anda menyempit karena penyakit atau kerusakan, jumlah udara yang ditiup cepat berkurang.

2. FVC (dipaksa kapasitas vital). Volume maksimal udara di paru-paru Anda, yang dapat Anda tiup setelah menghirup udara dalam-dalam.

3. Laju aliran puncak. Ini adalah tingkat tercepat udara yang dapat paru-paru Anda tiupkan dalam waktu singkat. Hal ini sering digunakan oleh dokter.

Ketiga pengukuran di atas digunakan untuk menghitung 'usia' paru-paru, dengan mempertimbangkan usia, tinggi badan, jenis kelamin dan etnis.

Lima cara untuk meningkatkan kesehatan paru-paru Anda:

1. Berhenti merokok

2. Berolahraga dan berkeringat selama 30 menit setiap hari, untuk meningkatkan kapasitas paru-paru Anda.

3. Menurunkan berat badan, atau ideal. Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, lemak akan fungsi paru-paru.

4. Kontrol asma Anda. Pastikan asma Anda diobati dengan baik.

5. Belajar bernapas lebih baik. Bisa dilakukan dengan latihan yoga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berapa Usia Paru-paru Anda?"

Posting Komentar