Ditemukan Harta Bajak Laut Paling Terkenal di Dunia

Batang petak diduga milik Kapten William Kidd. Foto
BAKUL - Kisah bajak laut biasanya kita ketahui hanya dari film-film Hollywood, di mana mereka biasanya biasanya bermata satu, kejam, dan kerap mengambil harta dengan cara merampok di atas laut.

Memang demikian kisah bajak laut, sejak dahulu kala hingga jaman modern saat ini. Bajak laut juga kerap merenggut nyawa sanderanya, saat mereka meramok, maka tidak heran jika bajak laut menjadi incaran militer dunia. Namun tahukah Anda

Tetapi tahukan Anda, pada era dahulu siapa bajak laut yang paling terkenal dan dicari? Ya, dialah Kapten William Kidd, yang telah mencuri dan merampok harta pemilik kapal. Lalu di mana harta yang telah dirampoknya?

Sebuah penemuan batang perak yang cukup besar, yang diperkirakan senilai £17.000 atau Rp323 juta di Samudera Hindia, akhirnya bisa memecahkan misteri harta bajak laut abad ke-17 terkenal yang hilang.

Salah satu bajak laut yang paling terkenal sepanjang masa, Kapten William Kidd, disebutkan telah mengumpulkan harta senilai £ 100,000-£ 12.000.000, dengan uang saat ini--sebelum ia ditangkap karena pembajakan dan pembunuhan.



Ilustrasi kapten Kidd.
Tentara telah menjaga perak batangan seberat 50 kg di Sainte Marie Island, Madagaskar, setelah dibawa ke darat oleh penyelam yang dipimpin oleh arkeologi bawah air Amerika, Barry Clifford.

Diduga harta Kapten Kidd terkubur di suatu tempat di perjalanan menuju pengadilan di London, pada 1701. Ia mencoba untuk menukar lokasi di mana hartanya terkubur dengan hidupnya.

Rencananya tersebut gagal dan ia dijatuhi hukuman gantung, tubuhnya membusuk lalu dimasukkan ke dalam aspal dan dirantai, lalu dibiarkan membusuk di hadapan publik di samping sungai Thames untuk mencegah calon bajak laut lainnya.

Hartanya tidak pernah ditemukan hingga saat ini, tapi para ahli percaya bahwa batangan perak ini, bisa menjadi bagian dari harta jarahan yang sangat terkenal.

Nasib harta karun Kapten Kidd telah mendorong banyak perburuan di seluruh dunia, selama tiga abad terakhir, dan eksploitasi terinspirasi penulis Robert Louis Stevenson saat menulis Treasure Island.

Martin Vogl, seorang wartawan di Madagaskar, mengatakan: "Tim percaya batangan perak berasal dari reruntuhan kapal bajak laut Kapten Kidd--salah satu bajak laut yang paling terkenal yang beroperasi di Madagaskar."

Vogl menambahkan bahwa pejabat termasuk duta besar Inggris di Madagaskar, Timothy, berharap penemuan ini akan 'meningkatkan kunjungan wisata ke Madagaskar.'

Kapten Kidd diadili tidak hanya untuk pembajakan, tetapi juga tuduhan pembunuhan salah satu awak kapal di tahun 1697. Bajak laut ini beroperasi di seluruh dunia, dari Atlantik ke Timur Jauh, serta di Samudera Hindia.

Pencarian harta karun itu senditi telah dilakukan di lokasi dimulai dari Pantai Timur Amerika dan Karibia, ke Laut Cina Selatan.
loading...

Subscribe to receive free email updates: