72 Tahun Menghilang, Kapal Selam Penghancur Ditemukan

HMS Saracen. Foto
BAKUL - Pada Perang Dunia Kedua, banyak sekali teknologi baru yang digunakan, mulai dari pesawat tempur, kapal laut, kapal selam hingga bom atom digunakan. Tujuannya untuk menghabisi musuh, dan membuat sebuah negara menyerah.

Banyak teknologi yang digunakan yang terbilang baru pada saat itu, termasuk teknologi kapal selam, yang bisa menghancurkan musuh-musuhnya dengan 'mengendap-ngendap'. Salah satunya adalah sebuah kapal selam Royal Navy.

Setelah 72 tahun menghilang, kapal selam ini akhirnya ditemukan lepas pantai Corsica. Kapal selam yang diberi nama HMS Saracen itu, ditemukan tergeletak lebih dari 300 meter di bawah permukaan Laut Tengah, setelah dilakukan pencarian selama dua tahun.

Kapal selam ini sering meneror angkatan laut Jerman dan Italia selama perang, mengambil bagian dalam misi paling berani sebelum tenggelam bersama dengan seluruh kru.

HMS Saracen saat beroprasi.
"Pagi ini saya memeriksa kontak sonar dan ditemukan kapal selam ini. Indah dan dihiasi oleh karang putih," kata Guido Gay, seorang insinyur yang menemukannya.

Ini adalah bab terbaru dalam karir yang luar biasa dari kapal tersebut, yang dibantu pejuang Korsika dan Sekutunya menjadi mata-mata selama Perang Dunia II.

"Ini adalah penemuan yang luar biasa, dan satu yang akan menyebabkan kegembiraan besar di seluruh dunia," katanya.

HMS Saracen ditenggelamkan dekat Bastia, di pulau Corsica Perancis, pada Sabtu 14 Agustus 1943 setelah rusak parah.

Saracen menjadi terkenal di Mediterania, karena melancarkan serangan torpedo luar biasa kepada kapal Italia dan Jerman, serta musuh lainnya saat itu.

Kapal ini juga telah mengantarkan tiga agen dari MI6 di Corsica yang bertujuan untuk memata-matai kekuatan di beberapa pulau strategis yang sangat penting.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "72 Tahun Menghilang, Kapal Selam Penghancur Ditemukan"

Posting Komentar