Berciuman Susul Rokok sebagai Penyebab Kanker

Pasangan berciuman. Foto
BAKUL - Kanker merupakan penyakit yang paling ditakutkan. Apalagi penelitian terbaru mengatakan, jika kanker adalah cara terbaik untuk meninggal. Sangat kecil kemungkinannya orang akan benar-benar sembuh dari kanker.

Kanker sendiri merupakan mutasi gen, yang biasanya akan diketahui setelah menyebar pada organ-organ tertentu. Dan biasanya, kanker disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Tetapi kini, ada penyebab kanker yang banyak dilakukan orang-orang.

Selain merokok, ternyata berciuman kini menjadi penyebab terbesar yang dapat menularkan virus human papiloma virus (HPV), yang bertanggungjawab terhadap kanker kepala dan leher.

Dr Thomas mengatakan, yang kami kutip dari Mail Online, jika Anda terinfeksi oleh HPV di orofaring, risiko Anda terkena kanker kepala dan leher adalah 250 kali lebih tinggi dari seseorang tanpa virus.

Sementara virus ini paling sering dikaitkan dengan kanker serviks pada wanita, namun ternyata HPV dapat mempengaruhi baik pada pria maupun wanita.

Ada lebih dari 100 jenis virus, tetapi 'HPV oral' dapat menyebabkan kanker pada orofaring.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan, studi menyarankan HPV oral dapat ditularkan selama sks oral atau berciuman, dan sekitar 7 persen orang-orang memiliki HPV oral dan lebih berisiko dibandingkan mereka yang merokok.

"Perilaku berisiko tinggi adalah oral sks, banyak pasangan berciuman, dan baru-baru ini ada laporan jika 'petting' dapat menyebabkan infeksi," kata Dr Thomas.

"Jika seseorang telah mencium lebih dari enam orang, maka ia berrisiko tertular HPV lebih tinggi, atau jika seseorang telah mencium lebih dari sembilan orang risiko secara signifikan lebih tinggi lagi," tambahnya.

Pasien dengan kanker kepala dan leher terkait HPV biasanya masih berusia muda, jarang minum dan tidak pernah merokok.

Pada tahun 2011 saja ada sekitar 3.121 orang yang terkena kanker kepala dan leher yang didiagnosis di Australia, disebabkan oleh merokok, sering penggunaan alkohol, paparan sinar matahari, radiasi, asbes dan HPV.

Maka lebih baik jika Anda  setia dengan pasangan yang ada saat ini. Jangan suka berganti-ganti jika tidak ingin terkena penyakit yang membahayakan nyawa, terutama kanker.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berciuman Susul Rokok sebagai Penyebab Kanker"

Posting Komentar