Ditemukan 2.000 Emas Spiral yang Masih Misterius

Emas berbentuk spiral. Foto
BAKUL - Perhiasaan seperti emas telah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Bahkan logam mulia ini pernah menjadi alat untuk transaksi beberapa abad yang lalu, dan di beberapa negara saat ini masih menggunakannya.

Emas juga bisa menjadi simbol kemuliaan, kekayaan, dan jabatan yang tinggi. Hal ini bisa terlihat, jika para raja-raja dahulu kala sering menggunakan emas, entah itu untuk aksesoris atau perhiasan yang dikenakannya.

Begitu juga sejak Zaman Perunggu, atau sekitar 8.000 tahun yang lalu di mana manusia sudah memulai mengolah logam-logam berharga di alam, salah satunya emas. Dan peninggalan emas dari zaman tersebut, kini ditemukan di Denmark.

Penemuan berupa 2.000 emas berbentuk spiral ini, telah membingungkan arkeolog. Di mana mereka mengatakan tidak pernah melihat sesuatu yang seperti ini sebelumnya.

Mereka menduga bahwa spiral emas murni ini, berasal dari Zaman Perunggu antara 900 dan 700 Sebelum Masehi, dan mungkin telah menjadi bagian dari kostum seorang raja. Setiap spiral memiliki panjang satu inci atau sekitar 3 sentimeter, dan terbuat dari emas murni yang sangat tipis.

Emas-emas ini ditemukan di Boeslunde, Denmark oleh Flemming Kaul, kurator di Museum Nasional Denmark dan Kirsten Christensen, kurator di Museum Vestsjaelland.

"Mungkin spiral emas ini telah melekat pada tali pada pinggiran  topi atau payung. Mungkin juga telah disambungkan ke rambut atau telah dibordir pada pakaian," kata Kaul yang kami kutip dari Mail Online.

Tapi Kaul cenderung percaya bahwa emas-emas ini adalah bagian dari kostum seorang raja. Beberapa tahun yang lalu, dua arkeolog amatir lokal menemukan empat cincin emas, yang kemungkinan masih terdapat lagi emas prasejarah yang terkubur.

Arkeolog dari Museum Vestsjaelland menemukan hanya beberapa spiral emas pada awalnya, tetapi kemudian setelah melakukan penggalian lebih dalam lagi, terdapat sekitar 200 sampai 300 gram emas.

Kedua arkeolog ini tidak terkejut menemukan emas berharga di Boeslunde, karena daerah ini telah menghasilkan emas terbesar sejak Zaman Perunggu di Eropa Utara.

Enam cincin besar dan berat juga pernah ditemukan di situs tersebut di tahun 1800-an, di mana seorang petani menemukan enam kapal emas di Borgbjerg Banke, dengan berat sekitar satu kilogram.

"Ini menunjukkan bahwa, tempat ini memiliki makna khusus bagi orang-orang pada Zaman Perunggu ketika mereka memilih untuk mengorbankan beberapa kilogram emas," ucap Christensen.

Kaul percaya jika Boeslunde dianggap tempat suci di Zaman Perunggu, dan orang-orang prasejarah mungkin memiliki ritual khusus yang dilakukan, termasuk menawarkan emas untuk kekuatan yang lebih tinggi.

Matahari adalah salah satu simbol paling suci di Zaman Perunggu, dan emas sangat dihargai dan kadang-kadang diwujudkan sebagai matahari.

Mereka percaya jika ada lebih banyak emas prasejarah, yang bisa ditemukan di Boeslunde. Dan mereka akan terus melakukan penggalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Ditemukan 2.000 Emas Spiral yang Masih Misterius"