10 Tanda Peringatan Kanker Serviks yang Jangan Diabaikan

Ilustrasi kanker serviks. Foto
BAKUL - Kanker serviks telah menjadi hantu bagi para wanita, karena kanker ini sangat ganas dan bisa merenggut nyawa. Namun tidak seperti empat dekade yang lalu, di mana kanker ini sangat berbahaya dan sulit diketahui.

Anda bisa melakukan tes papsmear, yang bisa mengatahui dan memberikan tanda peringatan akan kanker serviks. Tes ini telah memberikan kontribusi untuk menyelamatkan banyak nyawa wanita.

Namun, kanker serviks masih merupakan penyakit mematikan yang dapat menyebabkan rasa sakit yang tidak tertahankan. Itulah mengapa, Anda semua harus mengetahui tanda-tanda peringatan dini yang bahkan sangat sederhana sekalipun.

Sulit untuk mengamati tanda-tanda jika Anda terkena kanker serviks, apalagi ketika kanker ini mulai berkembang. Sehingga kebanyakan penderitanya terlambat, jika ia sudah terkena kanker serviks. Tapi ada beberapa gejala khas yang harus diperhatikan, dan berikut 10 tandanya yang kami kutip dari haelthyfoodteam:

1. Sering sakit pada kaki

Pada tahap awal kanker serviks, wanita mulai sering merasakan sakit di bagian kaki dan juga pembengkakan. Nyeri disebabkan oleh leher rahim yang membengkak, dan mengakibat aliran darah di kaki tersumbat.

2. Bau pada daerah intim

Jika area intim Anda berbau yang tidak lazim atau terdapat perubahan, bisa menjadi tanda peringatan awal berkembangnya kanker serviks. Namun Anda juga bisa bedakan antara keputihan yang normal atau tdak.

3. Perdarahan tidak biasa

Ini adalah gejala yang paling umum dari kanker serviks. Jika alay kemain mulai berdarah tiba-tiba, kanker serviks bisa menjadi pelakunya. Anda harus pergi ke dokter, dan memeriksakannya apalagi jika Anda tidak sedang menstruasi atau belum berhubungan intim.

4. Ketidaknyamanan saat kencing

Ketika Anda mulai merasa tidak nyaman saat buang air kecil, maka Anda harus segera memeriksakannya. Banyak orang menggambarkan ketidaknyamanan ini sebagai perasaan yang 'menyengat'. dan rasa sakitnya sedikit berbeda dari apa yang pernah Anda rasakan sebelumnya.

5. Kencing tidak teratur

Perubahan mendadak dalam buang air kecil, bisa menjadi sering atau kehilangan kontrol kandung kemih, dan perubahan warna adalah tanda-tanda bahwa semua terkait dengan leher rahim. Jika ini terjadi pada Anda, silakan datang ke dokter sesegera mungkin.

6. Siklus menstruasi tidak teratur

Perubahan mendadak lingkaran menstruasi yang berlangsung terus-menerus, bisa menjadi pertanda baik bahwa leher rahim ada sesuatu atau sel-sel kanker sedang berkembang.

7. Sakit selama hubungan intim

Dispareunia atau hubungan seksual yang menyakitkan, juga dapat menjadi indikasi kanker serviks. Nyeri ini bisa menjadi penyebabnya oleh sejumlah kondisi kesehatan lainnya, semuanya membutuhkan perhatian medis.

8. Sakit pada panggul

Meskipun nyeri panggul yang normal terjadi pada banyak perempuan selama periode haid, tapi jika frekuensi dan intensitas tiba-tiba meningkat drastis, maka Anda perlu ke dokter secepat mungkin.

9. Sakit punggung

Penelitian telah menunjukkan bahwa, 80 persen orang Amerika menderita nyeri di punggung. Ada banyak penyebab sakit tersebut, tetapi ketika rasa sakit disertai dengan gejala-gejala lain yang telah disebutkan, maka segera periksa ke dokter.

10. Berat badan tiba-tiba turun dan sering kelelahan

Meskipun penurunan berat badan banyak faktor penyebabnya, ketika datang dengan beberapa gejala lainnya) yang telah disebutkan, maka periksa ke dokter.

Kanker serviks sendiri menyebabkan penurunan yang signifikan dalam jumlah sel darah merah. Sel-sel ini diganti dengan limfosit yang membantu tubuh melawan patogen--organisme penyebab penyakit. Ketika jumlah sel darah merah berkurang, menyebabkan anemia yang dapat membuat Anda merasa lelah, lemah, dan tidak dapat kehilangan nafsu makan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tanda Peringatan Kanker Serviks yang Jangan Diabaikan"

Posting Komentar