Pintu Masuk Makam Ratu Nefertiti Ditemukan di Pemakaman Firaun?

Pintu masuk makam ratu Nefertiti. Foto
BAKUL -  Seorang peneliti Inggris mengklaim telah menemukan makam ratu yang hilang, yaitu Nefertiti. Dan dia mengatakan, jika makamnya tersebut telah tersembunyi tepat di depan mata para arkeolog.

Dr Nicholas Reeves, seorang arkeolog Inggris di University of Arizona, mengklaim telah menemukan sebuah pintu rahasia yang mengarah keluar, dari ruang pemakaman Tutankhamun atau Firaun dari Dinasti Kedelapanbelas Mesir.

Di balik pemakaman Tutankhamun, ia percaya, ada makam ratu Nefertiti yang juga disebut 'Ratu dua pulau,' yang terkenal karena kecantikannya dan diduga telah menjadi ibu anak raja.

Reeves mengatakan dia membuat penemuan, setelah menganalisis resolusi tinggi dari hasil scan dinding di kompleks makam Tutankhamun di Lembah Para Raja.

Gambar-gambar tersebut diresmikan oleh Factum Arte, sebuah kelompok yang baru-baru ini menciptakan salinan seukuran makam Tutankhamun, ditujukan untuk wisatawan yang berkunjung.

Denah makam ratu Nefertiti.
Dalam laporan yang diterbitkan oleh Amarna Royal Tombs Project, Dr Reeves menggambarkan bagaimana ia mengungkap 'hantu' dari dua situs yang pembangunannya disembunyikan, salah satunya diyakini menjadi ruang penyimpanan rahasia.

Ruang itu terdapat di sisi utara makam Tutankhamun, berisi 'kuburan yang tidak terganggu dari pemilik asli makam--Nefertiti', Dr Reeves berpendapat.

Jika teori Dr Reeves benar, mungkin ini akan menyelesaikan sejumlah keanehan tentang ruang pemakaman Tutankhamun, yang membuat peneliti bingung berkepanjangan. Misalnya, harta yang ditemukan di dalam makam tampaknya telah ditempatkan di sana sangat terburu-buru dan sebagian besar adalah barang bekas.

Makam itu sendiri diposisikan di sebelah kanan poros masuk, yang lebih dekat dari khas makam ratu Mesir bukan raja. Dan ruang pemakaman Tutankhamun juga memiliki ukuran yang sama di ruang depan, tidak seperi makam raja lainnya.

Dikombinasikan dengan gambar, Dr Reeves percaya makam milik Nefertiti dan ruangan firaun hanya sebagai renungan, dan menggambarkannya sebagai 'koridor--gaya makam--dalam makam'.

Gambar dalam dinding makam juga dihiasi dengan adegan agama, mungkin sebuah ritual untuk memberikan perlindungan di balik ruang tersebut.

"Hanya satu perempuan di kerajaan dari akhir Dinasti ke-18 yang diketahui telah menerima penghargaan tersebut, dan itu adalah Nefertiti," tulis Dr Reeves.

Joyce Tyldesley, dosen senior di Mesir Kuno di University of Manchester mengatakan kepada The Times bahwa hipotesis Dr Reeves ada kemungkinan benar.

Nefertiti yang namanya berarti 'satu yang indah telah datang,' adalah ratu Mesir dan istri Firaun Akhenaten selama abad 14 sebelum masehi.

Dia dan suaminya mendirikan kultus Aten, dewa matahari, dan membuat karya seni di Mesir yang sangat berbeda dari pendahulunya. Tapi meskipun statusnya luar biasa, kematian dan kuburannya masih menjadi misteri.

Jika Dr Reeves benar, makam tersembunyi bisa jauh lebih megah dari apa yang ditemukan di ruang pemakaman Tutankhamun.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pintu Masuk Makam Ratu Nefertiti Ditemukan di Pemakaman Firaun?"