Senin, 07 September 2015

Lima Gejala Sakit Ginjal yang Sering Diabaikan

Gejala sakit ginjal. Foto
Bagi banyak orang yang tidak akrab dengan ini, penyakit ginjal menjadi salah satu masalah kesehatan yang paling umum saat ini. Paparan racun setiap hari, yang paling bertanggung jawab atas disfungsi organ vital yang satu ini ini.

Sayangnya, kerusakan ginjal secara pasti dan langsung mengganggu kesehatan Anda. Jadi, penting bagi Anda membiasakan diri untuk mengetahui tanda-tanda dari kerusakan ginjal. Dan pengobatan alami apa yang bisa Anda terapkan untuk mengatasinya.

Berikut adalah lima gejala sakit ginjal, yang sering kita sepelekan. Dan jika Anda merasakan salah satunya, maka perlu mewaspadai.

1. Nyeri punggung bagian bawah

Ini adalah salah satu tanda paling awal dan paling konsisten dari penyakit ginjal. Sakit ini dapat muncul di satu sisi saja, dan biasanya terasa ketika seseorang tidur pada satu sisi dan itu sisi ginjal yang sakit.

Ditambah dengan buang air kecil yang terasa sulit dan sakit. Ini adalah tanda pertama dari kerusakan ginjal, dan jika ditangani dengan tepat, maka penyakit ginjal bisa diobati dengan cepat di antaranya dengan banyak minum air putih.

2. Ruam, gatal, dan kering

Salah satu peran ginjal yang paling penting adalah membersihkan darah dari racun, jadi ketika fungsinya terganggu, akumulasi limbah dalam darah Anda dapat menyebabkan ruam, gatal parah, dan kulit terasa kering.

Ini adalah tanda awal kerusakan ginjal lain yang tidak boleh diabaikan. Menggunakan krim dan salep tidak akan membantu, karena ini bukan penyakit kulit. Tetapi ada kerusakan di dalam ginjal Anda.

3. Perubahan fungsi kemih

Ginjal bertanggung jawab untuk sekresi urin, di mana pola kemih Anda mungkin berubah ketika ginjal gagal melakukan fungsinya. Perubahan ini termasuk:

• urin Anda mungkin berisi darah

• Anda kesulitan buang air kecil

• Urine berbusa atau bergelembung

• Anda mungkin mulai kencing pada malam hari

• Anda mungkin buang air kecil lebih sering, atau dalam jumlah yang lebih besar dari biasanya, dengan warna urin cerah

• Anda mungkin buang air kecil lebih sering, atau dalam jumlah yang lebih kecil dari biasanya, dengan berwarna gelap urin

Berhati-hati bahwa perubahan awal dalam fungsi kemih, sedangkan perubahan warna urin adalah tanda kondisi yang lebih parah.

4. Pembengkakan di berbagai bagian tubuh

Seperti disebutkan sebelumnya, ginjal bertanggung jawab untuk mengeluarkan toksin dan mengeluarkan kelebihan cairan dari tubuh Anda, sehingga adanya kerusakan menyebabkan penumpukan cairan dalam tubuh, yang pada gilirannya menyebabkan pembengkakan di wajah, tangan, kaki, pergelangan kaki, dan kaki.

Pada titik ini, kerusakan ginjal telah menjadi jauh lebih parah dan harus segera diatasi.

5. Sering terasa lelah dan lemah

Ginjal menghasilkan hormon erythropoietin yang membantu dalam penciptaan sel darah merah, yang membawa oksigen ke sel. Ginjal berfungsi mengurangi kadar hormon ini, yang pada gilirannya, mengurangi jumlah sel darah merah yang menyebabkan anemia.

Suplai oksigen yang tidak mencukupi di sel menyebabkan kelelahan dan kelemahan, dan harus ditangani dengan cepat.

Penyebab kerusakan ginjal

Kadmium logam berat ditemukan di lingkungan melalui pembakaran minyak dan batubara serta pembakaran limbah, yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit ginjal. Pupuk fosfat yang mencemari pasokan makanan kita adalah sumber lain kadmium.

Selain itu, perokok langsung juga menghisap kadmium dalam paru-parunya, dan memiliki dari dua kali lipat jumlah kadmium dibandingkan mereka yang tidak merokok.

Bagaimana meningkatkan fungsi ginjal

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah memastikan Anda tidak merokok, serta menghindari lingkungan dan produk dengan kandungan kadmium yang tinggi. Olahraga teratur, tetap terhidrasi, dan konsumsi jus cranberry tanpa gula setiap hari juga dapat secara signifikan meningkatkan kesehatan ginjal Anda.

Loading...

1 komentar: