Kasian, Gadis Cantik Ini Bersin 12.000 dalam Sehari

Gadis bersin. Foto
Bersin adalah keluarnya udara dari mulut dan hidung yang cukup kencang, di mana kecepatannya mencapai 250 kilometer per jam. Bersin juga akan membersihkan daerah di sekitar hidung dan kerongkongan dari gangguan partikel asing.

Jika bersin sesekali, mungkin itu adalah anugerah bagi kita. Tetapi jika Anda sudah mulai bersin berkali-kali dalam sehari, mungkin itu adalah awal atau gejala dari penyakit flu.

Selain membuat hidung merah, terlalu sering bersin akan mengganggu orang-orang di sekitar kita, bahkan bisa menularkan penyakit. Tetapi yang dialami gadis ini sungguh mengkhawatirkan, di mana ia bersin dalam sehari mencapai 12.000 kali.

Tiga minggu lalu gadis bernama Katelyn Thornley mulai bersin, dan dia tidak berhenti sejak saat itu. Ia bersin hingga 20 kali per menit, setara sekitar 12.000 bersin setiap harinya.

Meskipun ia telah mengunjungi enam dokter yang berbeda, semuanya telah membuat bingung, tidak dapat menjelaskan apa yang memicu kondisi yang aneh ini.

Bahkan kondisi khas yang menyebabkan bersin biasa, seperti virus, pilek dan alergi, telah dikesampingkan.

Baca juga: Disangka Meninggal, Remaja 16 Tahun Berteriak dari Peti Mati

Satu-satunya waktu di mana ia tidak bersin adalah ketika tertidur, setelah mengalami hari yang melelahkan.

"Saya terus-menerus sakit dengan perut saya, kaki saya lemah, saya hampir tidak bisa makan. Pergi ke sekolah sangat sulit, bahkan untuk bercanda dengan teman-temannya," kata Katelyn.

Salah satu penjelasan yang paling logis adalah bahwa Katelyn bisa menderita tics--mirip dengan yang diderita oleh orang yang didiagnosis dengan Tourette.

Dr Mered Parnes, seorang ahli saraf dari Rumah Sakit Anak di Texas, yang melihat Katelyn pekan lalu, mengatakan jika kondisinya seperti terserang tics.

Ada dua jenis tics, yaitu gerakan pendek tiba-tiba, yang dikenal sebagai tics motorik, dan diucapkan seperti suara, yang dikenal sebagai tics vokal, menurut WebMD.

Kedua terjadi tiba-tiba, selama apa yang dinyatakan perilaku normal. Mereka sering berulang, dengan jangka waktu tic yang sama. Misalnya, seseorang dengan tic mungkin mengedipkan mata atau kedutan hidung berulang-ulang kali.

Tics sering diklasifikasikan bukan sebagai gerakan tak terkendali tapi yang unvoluntary. Para ahli memperkirakan, sekitar satu dari empat anak mengalaminyanya saat kecil.

Para ilmuwan belum menentukan apa yang menyebabkan tics, tapi stres dan kurang tidur memainkan peran. Dr Parnes mengatakan, jika obat bisa membantu, tetapi mereka hanya disarankan jika tic menjadi tak tertahankan.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kasian, Gadis Cantik Ini Bersin 12.000 dalam Sehari"

Poskan Komentar