Pemandangan Mengejutkan Kehidupan Malam di Arab Saudi

Wanita di arab yang terlihat mabuk. Foto
Arab Saudi merupakan kota yang sangat diberkahi. Di sinilah Masjidil Haram berada, dengan sumur zamzam yang senantiasanya mengalir setiap waktu tanpa pernah surut. Di sini juga setiap tahun umat muslim melaksanakan ibadah haji.

Jika sebagian besar dari kita hanya mengetahui atau melihat kegiatan di siang hari, di mana berbagai kegiatan dilakukan. Lantas apa yang terjadi di malam hari di sana? Adakah yang berbeda dengan kota-kota lainnya di berbagai belahan dunia?

Memang, kegiatan di malam hari di beberapa kota di Arab Saudi tidak seperti di kota-kota metropolitan lainnya di dunia. Di mana setiap pria maupun wanita bebas berkeliaran, tanpa arah yang jelas, dengan pakaian yang serba minim.

Di sini hampir setiap wanita memakai burka dan hijab, yang menutupi setiap auratnya. Tetapi pemandangan tidak biasa dan mengejutkan terlihat, saat malam hari di Arab Saudi. Di mana wanita berpakaian burka, berbaring di jalan-jalan ibu kota sambil terlihat mabuk.

Bagaimana ini tidak mengejutkan, karena di Arab Saudi memiliki hukum yang ketat. Dan foto yang beredar ini diklaim diambil di kota Riyadh.

Secara hukum, alkohol dilarang beredar dan dikonsumsi di Arab. Tetapi, kerap ada orang yang tertangkap saat mengonsumsi dan membawa alkohol, konsekuensinta dapat dihukum mati.

Baca juga: Pura-pura Mabuk, Ini yang Ditawarkan Pria pada Gadis Cantik

Namun ternyata, hukum tersebut tidak menghentikan orang-orang di sana membawa, membeli dan mengkonsumsi alkohol.

"Para pihak yang cukup gila, berani malakukan hal yang dilarang. Ada budaya minum di kalangan bangsa Arab sendiri," kata salah satu orang yang pernah tertangkap membawa minuman beralkohol, kepada Sunday Mirror.

Sebagian besar orang yang bergaya hidup hedonnis kerap menenggak Jack Daniels dan minuman keras lainnya, serta membeli barang-barang yang dilarang beredar di sana.

Budaya berpesta bukanlah hal baru di sana. Lima tahun lalu, Wikileaks mengungkapkan, bagaimana seorang pangeran Saudi mengadakan pesta untuk 150 orang, di mana minuman keras secara bebas bisa dikonsumsi, dan wanita nakal disediakan untuk mereka yang super kaya.

Sebagai catatan: Tidak semua orang arab muslim, dan tidak setiap muslim ber-taqwa (menaati segala perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya).

Subscribe to receive free email updates:

109 Responses to "Pemandangan Mengejutkan Kehidupan Malam di Arab Saudi"

  1. misal benar tidak mengherankan, kerna Arab Saudi juga sudah mengubah tatanan politik yg paling mendasar, dari sistim Khalifah menjadi monarki. Sebenarnya ini yg menjadi kunci knapa hal2 yg tidak islami bisa ada di Arab Saudi, dan itu juga harus menjadi renungan umat Islam di seluruh dunia bahwa mentegakan islam itu tdk hanya ibadahnya saja tetapi juga sistemnya, mudah2an manfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata hati,,,jgn kalah dgn melihat ,,,teliti ,pelajari,,,br menentukan nya

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Sistem khalifah di impikan oleh kaum muslim seperti yg dipraktekkan isis....itu toh maksutnya bos ???

      Hapus
    4. Omo temo..Isis itu bentukan dr kaum yahudi dn amerika,yg inhin menghancurkan islam

      Hapus
    5. Omo epu kaya.nya sedang mabok :-D

      Hapus
    6. Yaa.....Negara Arab Saudi sudah meninggalkan Kekhilafahan

      dan menggunakan hukum Monarki........yang bertentangan

      dengan sistem Hukum & syariat ISLAM........!!!!!

      Hapus
    7. Boleh fanatik tp jgn sampai hilang akal... hrsna isis menjadi ajang org muslim dan non menyerang kaum muslim yg tdk benar...jgn cm mencari kambing hitam amerika melulu..dikit2 amerika dikit2 yahudi... heh lu yg coment tolol..dulu aceh tsunami jg dituduh amerika yg buat!klo lu gt gmn lu jd muslim pinter! Goblok dipliara bikin malu agama sendiri

      Hapus
    8. Benar, memang saudi telah bughot dari kekhilafahan turki utsmani atas dukungan inggris.
      Singa hanya akan sempurna jadi singa, di takuti lawan dan di segani kawan jika dia berada di rimba. Singa akan jadi lemparan kacang sebesar apapun aumannya, jika dia berada di tempat sirkus. Semua harus sesuai tempatnya.
      Syariah akan di lecehkan jika di terapkan tidak pada tempatnya, seperti kerajaan yg memang bukan tempat syariat.
      Syariah kaffah baru bisa di terapkam secara sempurna di sistem khilafah.
      Khilafah ala minhajin nubuwah, bukan khilafah palsu bentukan amerika dan antek anteknya.

      Hapus
    9. Kapan Arab Saudi menganut sistem khalifah ustmani? Kapan Khalifah Utsmaniyah menyatakan Arab Saudi bagian dari wilayahnya?
      Orang2 yg gak ngerti , goblok seperti Jaka Sutikno sangat berbahaya karena menyebarkan fitnah ,dusta..yg tidak ada bukti sama sekali.

      Hapus
    10. Jamaah Haji, umroh Indonesia paling banyak mungkin yang hijrah ke Arab, dan konon arab mau glontorin kita dana sekitar 80 T, tapi ke China sepuluh kali lipat 800T....Arab bahlul....

      Hapus
  2. sebetulnya secara umum virus "free sex" sdh melanda dunia arab, hanya beritanya tertutup. Silahkan lihat di situs2mesum pasti ada bokep arabnya, ciri2nya adalah wanitanya subur dan pria mempunyai "sesuatu" yg panjang, gak usah munafiklah...merekajuga manusia, bukan org2 suci...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada manusia suci , itu berarti tdk ada tanah suci,

      Hapus
    2. omo epu jagi tah laklakan

      Hapus
    3. Manusia suci ada, tanah suci pun ada.

      Hapus
    4. Tanah suci ada, manusia suci jg ada, tp umurnya cm setahun. Alias masih bayi.

      Hapus
    5. Did tanah ini lahir orang yang paling suci di dunia (Muhammad Saw) dan orang paling jahiliyah di dunia (Abu Jamal). Jadi nga usah heranlah. Tinggal pilih yg mana

      Hapus
  3. Mohon maaf sebelumnya, mgkn yg dimaksud penulis bukan Arab Saudi secara keseluruhan, tetapi kota RIYADH. Masjidil Haram dan Ka'bah letakknya di Makkah bukan di RIYADH. Kota suci (haram) di Arab Saudi hanya 2, Makkah dan Madinah dimana semua hal yg diluar ajaran Islam tidak diizinkan untuk melewati batas kedua kota ini, termasuk org2 non Islam. Riyadh merupakan Ibukota SA, dimana layaknya ibukota2 lain di dunia, kehidupan sosial pasti tidak jauh berbeda. Namun perbedaan yg mencolok yakni semua wanita di SA harus menggunakan jilbab dan khimar atau minimal selendang (correct me), siapapun mereka, apapun agama mereka untuk menghormati bahwa SA sbg negara Islam. Terlepas dr kehidupan malam mereka, justru semakin berlimpah harta semakin dekat kita dengan maksiat bukan?? Jd yg perlu dikoreksi adalah kota Riyadh bukan Saudi Arabia, apalagi kota Makkah ("disinilah Masjidil Haram berada"). Krn Makkah dan Madinah begitu suci dan dijaga para Malaikat, sehingga Dajjal pun sulit menembusnya. Islam itu Indah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, terima kasih atas penjelasannya.. Jazaakumullahu khairan..

      Hapus
    2. Bersyukur masih ada yg menjelaskan... terimakasih
      semoga kita para muslim tidak mudah terprovokasi... amin

      Hapus
    3. Ana setuju sama penjelasan di atas, insyallah bermanfaat, jangan mudah tergoncang dengan berita2 yg seperti ini...

      Hapus
    4. Syukron Akhi...
      Barakallahu fik...

      @Mas 0mo epu... Allahu yah dik.. Insya Allah...
      Amin...

      Hapus
    5. Alhamdulillah ada yg menjelaskan meskipun singkat namun jelas...
      @Omo Epu... semoga diberi hidayah oleh ALLAH SWT agar tau islam yg sebenarnya itu apa dan gimana *amien

      Hapus
    6. Smoga allah mnunjukkan jalan kebaikan pada kita yang maubertaqwa pdnya

      Hapus
    7. Smoga allah mnunjukkan jalan kebaikan pd orang yg mau bertaqwa pdnya. Jg mudah terprovokasi

      Hapus
    8. semoga 0mo epu dapat Hidayah dgn apa2 yg menjadi pertanyaan hidupnya...amin

      Hapus
    9. Semoga omo epu cept masuk surga..amiin

      Hapus
    10. Ini Tanda akhir Zaman, yg sudah di jelaskan dalam Hadis Nabi Muhammad SAW...

      Hapus
    11. Semoga omo opue pue pue jadi orang baik. Dan bisa coment baik. Baik pula di dunia dn akhrny nanti. Kami semua mendoakan baik untuk kamu. Jd berhati hatilah

      Hapus
    12. sukron info n pencerahannya

      Hapus
    13. Syukron..djazamukallah...argument nya mantap..

      Hapus
  4. Maksudnya apa sih nih berita..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lagian tuh foto sdh lm bngt beredar...koq beritanya br skrng?

      Hapus
  5. Kata hati,,,tdk akan bisa menentukan,,s,gala sesuatu yg blm kiata lihat,,,dan pelajari,terlebih dahulu,,,

    BalasHapus
  6. banyak orang yang seolah-olah berpegang pada islam tapi ternyata justru dia menjerumuskan nya. Hati-hati pada sikap orang -orang yg seperti itu, lain dimulut lain di hati.
    Tanggapi saja dengan senyuman..... baik buruk nya seseorang atau kota... hanya Tuhan yg tau....
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  7. setuju dg pendapat bung Jaka, seandainya berita itu benar, ya tidak mengherankan, krn Negara Arab Saudi yang sekarang juga sudah mengubah tatanan politik yg paling mendasar, dari sistem Khalifah menjadi monarki, hal itu yang menjadikan hal-2 yang kurang islami ada di sana,
    seharusnya sudah menjadi renungan dan PR seluruh umat islam di seluruh dunia, bahwa menegakan agama islam itu tidak hanya ibadahnya, tapi kesemuanya, dari sistem, hukum, ekonomi, dan akhlak,,,

    BalasHapus
  8. Sangatlah naif kalau mengomentari keadaan malam di Saudi Arabia hanya berdasarkan artikel ini, yang mungkin sangat subyektif demi untuk kepentingan sekularisasi islam. Saya dua belas tahun tinggal di Saudi Arabia dan saya cukup banyak tahu tentang Saudi Arabia. Apa yang dipaparkan dalam artikel ini cukup gegabah dan sangat arogan. Untuk saudara-saudaraku, berhatihatilah kita kalau membaca artikel, mungkin artikel itu dari orang munafik atau dari orang yg antipati terhadap Islam.!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju dengan komentar anda...

      Hapus
    2. Kalau cerita2 TKI yang disiksa / diperkosa di Saudi ARabia itu karangan orang yang benci Islam ? bahkan mungkin orang kafir yang ingin menghancurkan islam ?
      berarti korban TKI cuma sandiwara ?

      Jangan terlalu naif juga , warga saudi juga manusia .

      Hapus
    3. juga jangan terlalu fanatik kalo misal berujung munafik :)

      Hapus
  9. Kita pilih yagng baek2 aj...

    BalasHapus
  10. Siiiiip Sdr Emi rat, sharing itu indah. Islam Rahmatullil 'alamin. Kita harus konfrehenship dalam menilai sesuatu. Disinilah letak ke-Mahakaya-an Allah. SWT.

    BalasHapus
  11. Hati-hati provokasi paling mudah ya melaui media seperti ini, sebaiknya pengelola media ini dapat menyaring materi dengan bijak

    BalasHapus
  12. Masyarakat sudah paham mana yang layak jadi berita dan mana yg berita tendensius dan mendiskreditkan golongan tertentu. Untuk sumber berita menyangkut agama dan aqidah, biasanya media "Mainstream" sekuler dikesampingkan... kalau masalah hiburan, Olahraga dan bisnis.. Okelah... tapi jangan berharap berita seperti ini akan ditelan bulat2 olh pembaca yg smart.

    BalasHapus
  13. banyak upaya orang kafir untuk menghancurkan islam.tapi itu mustahil
    :)

    BalasHapus
  14. Jaman sekarang, media bisa memutarbalikkan fakta. so, jangan mudah percaya dengan berita. Seperti berita tentang isis yang banyak menimbulkan korban. tapi beredar juga kabar yang ternyata tentara isis bertato salib, dan star david

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bego..lo..ente percaya sj..ndak mungkin lah itu sdh jelas ada pengikutnya disini.. baasyir dkj

      Hapus
  15. Apa yg dberitakan mmang bnar, dan dngan pnjelasan yg tdi makin mmbenarkan bahwa mmang hnya 2 kota (Mekkah, dan Madinah) yg suci..

    BalasHapus
  16. Knapa ?? karena pada waktu sbelum nabi muhammad d utus sebagai rosul..pada waktu itu terknal zaman jahiliah..jd ya msh ada hal2 seperti itu...

    BalasHapus
  17. Dunia panggung sandiwara, hanya permainan logika yang tampak mata..... semoga kita selalu dalam bimbingan - Nya... amin

    BalasHapus
  18. Saya setuju dng Sdr. emi rat ...betul kita harus hati2 membaca artikel di sosmed seperti ini terutama yg topiknya menyangkut agama. Dan lebih ber hati2 lagi menanggapi komentar2 dari orang yg gak jelas agamanya....gak jelas sikap hidupnya karena prustasi mentalnya seperti Omo Epu itu !!!!!

    BalasHapus
  19. Sekedar menambahkan
    KEMAKSIATAN atau yang serumpun dan yang serangkai denganya, bukan merupakan budaya bangsa tertentu, tetapi jadi sisi gelap semua manusia di semua bangsa.

    Khusus Negeri ARAB SAUDI konon memang dikota-kota tertentu terutama kota Pemerintahan dan Kota Bisnis seperti RIYAD dan JEDAH, peraturan dan pengawasanya tidak seketat kota suci MEKAH & MEDINAH.

    Biarpun begitu cerita-cerita maksiat tidak berarti 100% hilang dikedua kota tersebut.

    Terima kasih



    BalasHapus
  20. sangat setuju dengan emi rat & riang phery terimakasih atas penjelasan dan konfirmasi nya. utk omo epu jgn terlalu negative dlm berpikir. sbnrnya anda muslim ato bkn? comment nya ko menyudutkan islam trs

    BalasHapus
  21. Singkat cerita : inilah fenomena akhir zaman yg bisa jadi rusaknya bangsa arab dan semakin dekatnya kemunculan imam mahdi yg riwayatkan dari banyak hadist shohih.
    Saat dunia dipenuhi dgn kezaliman, merebaknya perzinahan, dan peperangan peperangan dll...
    Dunia muslim menunggu kedatangan imam al-mahdi...

    BalasHapus
  22. Dimana diciptakan sumber kebaikan.dari situ jg akan diciptakan keburukan.. ..manusia hanya disuruh memilih mana jalan yg hrs dilaluinya...dgn berpedoman pd alquran dan sunnah rosul tentunya...bkn omongan.berita.antar manusia ...

    BalasHapus
  23. kayaknya tidak penting, manusia kalo tidak dibatasi makin liar.

    BalasHapus
  24. Di Indonesia Agama Islam malah jadi barang dagangan dan memuluskan hobbynya, baik itu Partai Politik, Artis dan bbrp oknum Opportunis lainnya hanya sekedar untuk memperkaya diri dan memuluskan Hobbynya "Tukang Kawin" yg biasanya menggunakan Ayat Al Qur'an separo2......

    BalasHapus
  25. semoga kita bisa menjadi pembaca yang cerdik dan pintar supaya tidak menimbulkan kekeliruan

    BalasHapus
  26. Lalu bgmn tanggapan anda semua thdp Pangeran Arab yang tertangkap basah menyelundupkan 2 ton narkoba di lebanon??
    Kejadian tsb juga sdh pernah terjadi thdp pangeran2 sebelumnya.
    Dan gmn tanggapan anda thdp gaya hidup org2 super kaya diarab yang sangat hedonis??
    Bebas berkeliaran dgn mobil2 mewah, pakaian dan perhiasan mewah dgn wanita2 cantik disampingnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus bagaiman juga pangeran dari agama lain? Apakah tingkah laku seorang pangeran mencerminkan AGAMANYA?

      Hapus
    2. Mbak Grace yang pintar dan terpelajar.
      Anda mungkin tidak tau Arab Saudi dan Uni Emirates Arab itu dua negara yang berbeda. Dimana seperti dikatakan Anda tadi dengan wanita wanita cantik dj sampingnya itu terjadi di UEA seperti Dubai dan Qatar. Bukan di Arab Saudi.

      Hapus
  27. Begini buktikan saja langsung, datang ke tanah haram (mekkah) anda silahkan berniat dalam hati untuk berbuat maksiat atau berperasaan sombong, atau membanggaka diri lihat akibatnya. Karena keluarga saya sudah banyak korbannya yg merasakan bagaiman itu sifat kesombongan saat berada ditanah haram (mekka). Tidak percaya datang dan Buktikan dan silahkan Anda komentar macam-macam disini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oy, mekka itu tanah suci (bukan) tanah haram

      Hapus
    2. Yg naik haji pakai duit korupsi pada baik baik saja tuh

      Hapus
  28. pangeran arab tu agama apa sih dia...kok kyk g tau aturan n hukum yg ada dsana..

    BalasHapus
  29. Islam bukan arab, sampai saat Nu nasi da keturunan abu jahal cs ..

    BalasHapus
  30. Arab saudi itu luas bung. Bukan cuma makkah dan madinah. Sama aja klo dibilang Indonesia pun luas, bukan cuma jakarta dan bali. Masih ada banyak daerah lain yg berbeda kultur dan budaya nya. Allahu 'Alam

    BalasHapus
  31. Waduch-waduch, komentarnya bagus-bagus. Tapi alangkah baiknya kita jangan terkecoh media daring kalau di arab kayak begitu yah terserah di sana, kita lihat bangsa kita sendiri dulu jangan fakus yang di luar dech, biarpun kita debat sampai sebulan enggak bakalan kelar. Kalau bangsa sendiri enggak pernah di tegakkan.

    BalasHapus
  32. Sangat setuju dengan komentar emi rat...

    BalasHapus
  33. islam tidak wajib identik dengan orang arab dan budayanya. karena kelakuan dan budaya orang arab banyak yang tak sesuai dengan ajaran islam. walaupun islam diturunkan di tanah arab. jadi tidak wajib ummat islam berpatokan ke orang arab.

    BalasHapus
  34. pokok nya yang bukan muslim dan munafik jangan sok tahu lah,krn saya lama di arab gak begitu,di sana nyaman n jauh dr ke durhakaan kok

    BalasHapus
  35. pe kapegah maaa keh inan. haram jadah

    BalasHapus
  36. Heran aja masih juga jaman sekarang ini menganggap agamanya lebih baik, orang indo mana bisa maju kalo terus menganggap agamanya lebih baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agama memang baik, kalau dijalankan sesuai dengan iman karena cinta pada Tuhan dan bukan untuk menghakimi sesama atau agama lain, pasti dunia akan damai, biarlah hanya Tuhan sendiri yg menjadi hakim yg adil

      Hapus
  37. Dewa anda sendiri gmna????? Apkh anda mengangap agma anda tdak baik???.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menganggap agama sendiri itu wajar aja,bahkan menganggap agama sendiri lebih baik dari agama lain juga wajar...yg gak baik itu kalo disertai merendahkan agama lain dan menyebut agama lain sebagai kafir

      Hapus
    2. Cocok, Tuhan membiarkan atau mungkin membuat manusia berbeda, ras, agama, pemikiran dll, kalau Tuhan tidak mengijinkan perbedaan, dari semula semua orang akan memeluk satu agama saja, yg tidak mau nurut pasti sudah dimusnahkan

      Hapus
  38. Sebenarnya..kawan..tanah..di..mnapun..berda..itu...suci..nmun.
    Mahkluk..hidup..yg..membuatnya..menjadi..kotor..krna..mahkluk..hidup..di..dunia..ini..skarang..tertipu..oleh..perkembangan..jaman.
    Yg..cepat/instan..jadi..pemikiran..kita..menjadi..dangkal..dan..muncullah..berbagai..pendapat..yg..menjerumuskan..sesuatu..menjadi..lebih..buruk..ya..misalnya..isis..jadi..tak..perlu..menilai..oranglain..jika..kita..blum..benar..oke...kawan..cukup..di..cermati..bila..tidak..baik..jangan..di...ikuti...

    BalasHapus
  39. Ternyata...cukup dg menyimak koment2 diatas sdh bisa menilai mana yg bicara pakai ilmu,mana yg bicara pakai dengki,mana yg asal bicara..sdh ketahuan,kan..??! hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan komen anda subhanalloh

      Hapus
  40. yang komnetar juga pada ikut mabok berat

    BalasHapus
  41. Kita sudah dibekali otak untuk berpikir .... Fathony Mulya benar .... menurut saya lebih baik jangan komentar lagi laah.

    BalasHapus
  42. intinya kembali ke awal kenabian jungjungan kita nabi besar muhammad saw..adalah memperbaiki akhlak setiap manusia..sekali lagi akhlak

    BalasHapus
  43. Kembali ke akidah masing2.....

    BalasHapus
  44. Mending udud jeung ngopi bari ngalunjar, Alhamdulillah sampai saat ini engkau berikan nikmat iman dn islam ya rabb..semoga kasih dan sayangmu terlimpahkan kepada hamba yg engkau ridhoi Amiin..

    BalasHapus
  45. Dunia ini tidak ada orang baik dan tidak ada orang jahat, karna dunia tidak mengenal keduanya, baik buruk itu hanya persepsi kita saja. Soo jangan menghakimi.!!

    BalasHapus
  46. Tiada tuhan selain Allah.. dan tiada satu nabi pun yang berani menyebut kalau dirinya itu Allah.. mgkin cocoknya begini wajib menyembah Allah dan mengikuti setiap ajaran nabi besar kita.. pesan buat mas opu klo sampean kristen jangan membuat ajaran kitab menjadi rancu karena ajaran gereja.. kembalilah pada kitabmu..

    BalasHapus
  47. Lakum dinukum waliyadin....bagi.u agamamu...dan aq ridho dgn agamaku,jgn tnyakn apa agamaku,krn agama bkn untuk diperdebatkan,tp untuk diamalkn,jd jgn ribut dgn agama org lain,bukankah lbih bagus klo qta pikirkan apakahqta sdh bnr dlm mngamalkn agama qta masing2,gunakan waktu dan akal.u,untuk memperbaiki agamamu,,,,,indonesia adalahpancasila.....bhineka tunggal ika..wassalam salam persatuan walaupun dalam perbedaan.....

    BalasHapus
  48. Lucu2...lha trus kapan kii budaya indonesia di bahas....

    Eh sorry...lali yen iki kumpulane wing arab..

    BalasHapus
  49. Saya tinggal di Arab Saudi, selama 9 tahun, nggak pernah tuh liat beginian...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul banget tuh bro, sy tinggal di Riyadh ga pernah sekalipun Nemu yang beginian.

      Hapus
  50. Tentang berita ini saya teringat sebagian isi dari sebuah novel. "BANYAK UMAT ISLAM YANG MENGHALANGI AGUNGNYA SINAR AJARAN ISLAM DENGAN BERPERILAKU YANG BERTENTANGAN DENGAN ISLAM". Kita harus memastikan bahwa kita bukan umat Islam itu

    BalasHapus
  51. Mungkin tu foto orang yang sedang menikmati keindahan langit dimalam hari

    BalasHapus
  52. Hayo yang beginian banyak komen komen loh bisa dimintain pertanggung jawaban yang buat artikel ini loh ...hati hati mas yang buat artikel mau jawab apa nanti kalau ditanya ?

    BalasHapus
  53. Kalian jangan terpancing cuma dg 1 gambar.

    BalasHapus
  54. Lebih baek intropeksi diri.kpn kita mati.untuk apa harta kita.shodaqohkan harta kalian dan beribadahlah karna allah swt.smg kalian menunggalkan dunia dgn khusnul khotimah srt di jauhkan dr fitnahtul dajjal.

    BalasHapus
  55. Hadeeeeh....
    Pada koment bagus",
    Tapi jngan pada berisik...
    Coba lihat jari tanganmu
    Berapa lama tak menyentuh Al Qur'an, Coba lihat keningmu berapa kli tak bersujud,
    Coba tanya lidahmu sudah berapa waktu tak mengaji??

    Islam its Simple,
    And Rahmat buat semesta,,,

    Koreksi diri masing" aja yach

    BalasHapus