Kamis, 26 November 2015

Inilah Tanaman Berusia Lebih dari 3.000 Tahun

Tanaman Yareta. Foto
Anda pasti pernah melihat pohon yang memiliki batang lebar dan tinggi, yang melebihi gedung pencakar langit. Pasti Anda berpikir, jika pohon tersebut membutuhkan waktu ribuan tahun untuk membuatnya seperti itu.

Tetapi tahukah Anda, tidak selamanya pohon yang berumur hingga ribuan tahun memiliki batang yang lebar dan tinggi hingga ratusan meter? Bahkan Anda tidak akan menyangka umur pohon tersebut.

Jika Anda pergi ke dataran tinggi di Andes, akan melihat tanaman semak berwarna hijau, dan mungkin menyangkanya sebagai lumut. Namun sebenarnya, mereka adalah jenis tanaman yang hidup dalam koloni, yang dapat berumur hingga ribuan tahun.

Yareta atau Azorella compacta, juga dikenal sebagai "Llareta" dalam bahasa Spanyol, adalah tanaman berbunga dari keluarga Apiaceae. Tumbuh yang tumbuh di padang rumput dingin Andes di Peru, Bolivia, Chile utara, dan barat Argentina ini hidup pada ketinggian antara 3.200 dan 4.500 meter, di mana angin dingin bertiup tanpa henti.

Tanaman Yareta.
Untuk bertahan hidup dengan kondisi cuaca yang ekstrem, Yareta tumbuh dalam koloni yang begitu padat. Tanaman ini akan berusaha mempertahankan panas sebanyak mungkin, untuk menjaganya tetap hidup dan tidak hibernasi.

Selain itu, tanaman ini juga akan melawan angin yang kuat di ketinggian gunung, yang dapat mengangkat akar tanaman apapun. Untuk mencegah hilangnya kelembaban melalui penguapan, Yareta memiliki daun yang tertutup lilin.

Melihat 'Pohon Kambing' yang Terkenal di Maroko

Trik lain yang digunakan Yareta untuk bertahan hidup di pegunungan yang tidak ramah di Andes adalah, tumbuh sangat lambat, dengan kecepatan pertumbuhan 1,5 cm per tahun.

Sebuah koloni besar Yareta yang tumbuh di bebatuan, ternyata bisa berusia hingga ribuan tahun. Banyak Yaretas yang diperkirakan berusia lebih dari 3.000 tahun.

Karena Yareta sangat kering dan padat, ia bisa digunakan sebagai bahan bakar, seperti gambut, dan secara tradisional dipanen untuk menjadi bahan bakar. Kini jumlah yareta kian terancam punah, dan kini menjadi spesies yang dilindungi.
Loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar