Miris, Orangutan Korban Kebakaran Ini Ramai di Negeri Orang

Nasib miris orangutan. Foto
Kebakaran hutan baik di Kalimantan dan Sumatera kali ini, bisa menjadi yang terparah. Apalagi dampaknya bukan hanya dirasakan oleh penduduk lokal saja, negara tetanggapun kebagian asap yang berbahaya ini.

Mirisnya lagi, banyak sekali korban berjatuhan akibat kebakaran hutan ini, yang membuat menyayat hati korban tersebut adalah anak-anak kecil.

Ternyata, kebakaran hutan juga membunuh beberapa mahluk penghuni hutan lainnya, seperti yang baru-baru ini heboh bagaimana ular terpanggang, selagi melindungi telur-telurnya.

Kali ini, berita miris juga datang dari orangutan, yang sedang menggendong anaknya yang menjadi korban kebakaran. Ibu orangutan dari anaknya bernama Gito, ditemukan tertekan dan saling memeleuk satu sama, sebelum mereka diselamatkan oleh International Animal Rescue (IAC).

Ini Akibatnya Mengusir Laba-laba dengan Api

Banyak kera telah meninggalkan rumah alami mereka di hutan, akibat ditelan oleh api menyala untuk membersihkan lahan.

Mereka juga menuju ke desa-desa terdekat untuk mencari makanan, tapi penduduk setempat melihat mereka sebagai hama, sehingga konflik antara manusia dan hewan tidak bisa dielakkan kembali.

"Mereka sangat beruntung, tim penyelamat datang di sana dalam waktu yang cepat, jika tidak orangutan akan terbunuh," kata Karmele Llano Sanchez, direktur program kelompok IAC yang kami kutip dari Mail Online.

Induk orangutan tersbeut juga cukup kurus, dan diperkirakan tidak makan selama satu bulan sejak kebakaran lahan terjadi.

Kini tim penyelamat ini sedang memeriksa dan memberi perawatan kepada keduanya, termasuk memberikan cairan infus.

Kebakaran hutan ini, kerap dilakukan untuk membersihkan lahan untuk perkebunan. Ditambah musim kemarau memperburuk kebakaran, dan menyebabkan polusi melebar ke wilayah-wilayah yang tidak terbakar.

Dan satu hal yang penting, keadaan orangutan ini minim pemberitaan di situs-situs berita nasional, baik cetak, elektronik, maupun visual. Malahan, situs-situs besar dunia seperti Dailymail, BBC, dan beberapa situs online memberitakannya.


loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Miris, Orangutan Korban Kebakaran Ini Ramai di Negeri Orang"

Posting Komentar