Bisa Menebak, Apakah Ini Monyet Jantan Atau Betina?

Monyet dengan bibir merah merona. Foto
Beberapa binatang di bumi ini memiliki penampilan yang eksentrik dan unik, pada beberapa bagian tubuhnya. Ada yang memiliki bokong 'menggoda,' bulu menawan, bahkan warna yang cantik.

Biasanya, hewan-hewan ini menjadi buruan manusia karena keunikannya, maka tidak heran jika sebagaian hewan telah punah. Tetapi lainnya berhasil diselamatkan, meskipun jumlahnya kian menurun.

Tetapi pernahkan Anda melihat monyet yang memiliki tampilan menggoda, dengan bibir merah layaknya wanita memakai lipstik seperti foto di atas? Jika sudah, bisakah Anda menebak, jenis kelaminnya?

Di Tempat Ini Monyet Berendam Air Panas dengan Nyaman

Bibir merah dan gemuk memang telah lama menjadi simbol seksualitas, bukan hanya untuk manusia saja. Tetapi bagi monyet hidung hitam putih ini, juga memiliki warna bibir yang merah merona, yang merupakan indikator kawin.
Monyet dengn bibir merah merona.
Uniknya, bibir merah ini bukan dimiliki monyet betina, tetapi hanya jantan saja.

Sebuah penelitian terbaru di China menemukan bahwa, monyet jantan berhidung pesek ini akan memerahkan bibirnya di musim kawin saat mereka mencapai kematangan seksual, sementara yang muda tidak memiliki rona di wajah mereka.

Monyet ini umumnya hidup dalam 'satu unit jantan,' atau Omu, tetapi sering bergabung dengan kelompok lain untuk membentuk habitat yang lebih besar hingga 500 monyet, yang akan meningkatkan persaingan seksual.

10 Makanan Nikmat dan Populer Tapi Berbahaya

Dalam band besar, monyet jantan yang lebih muda akan dikeluarkan dan bergabung dengan kelompoknya, yang disebut amus, yang dilarang keras untuk mendapatkan akses bereproduksi dengan betina.

Selama musim kawin, para peneliti menemukan bahwa jantan dewasa di Omu bibir bawah akan mengalami kemerahan, sementara monyet muda belum memilikinya.

"Bibir kemerahan menjadi indikator dari status sosial sang jantan. Namun, efek ini tergantung pada musim, warna akan muncul lebih kuat di musim kawin," kata para peneliti yang kami kutip dari Mail Online.

Primata yang satu ini telah dikenal kemampuannya menampilkan warna-warna cerah, tidak hanya sebagai cara untuk menarik pasangan, tetapi bertindak sebagai sinyal dan status pesaing lainnya.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bisa Menebak, Apakah Ini Monyet Jantan Atau Betina?"

Posting Komentar