Burung Ini Jadikan Aligator sebagai 'Bodyguard'

Burung dan aligator. Foto
Aligator adalah salah satu hewan yang predator, yang akan memangsa hewan lainnya demi menjaga kelangsungan hidupnya. Selain itu, predator juga disebut sebagai hewan yang akan mempertahankan wilayah kekuasaannya.

Hampir semua hewan bisa dimangsa aligator, termasuk dari jenisnya sendiri jika pasokan makanan berkurang. Apalagi seekor burung, yang bisa dengan mudah dilahapnya oleh aligator dewasa.

Tetapi anehnya, di sini justru sebaliknya. Burung justru memanfaatkan aligator sebagai 'pelindungnya.' Mengapa hal aneh ini bisa terjadi? Simak penjelasannya berikut ini.

Ini Dia Penyebab Ayam Cemani Berwarna Hitam

Ketika hewan-hewan lain datang ke rawa-rawa, pasti akan menghindari predator di antaranya aligator. Namun burung berkaki panjang ini justru sebaliknya, bertahan hidup dengan sedikit bantuan dari teman reptil bergigi tajam ini.

Rupanya sang burung berusaha menjaga telur mereka dari mangsa seperti possoms, sehingga banyak spesies burung membangun sarang mereka di atas di mana aligator ini tinggal.

Bagi banyak burung, kehilangan telur mereka berarti menjadi ancaman terbesar bagi generasi berikutnya. Dan bersarang di atas predator seperti aligator ibarat judi, karena jika telur jatuh maka akan menjadi mangsa sang reptil.

Sementara itu, bagi aligator ada kesempatan di mana mereka bisa mencari makanan yang mudah saat predator telur burung datang.

Inilah yang dipelajari oleh para ilmuwan di University of Florida, di mana mereka belajar dari buaya di Everglades. Tujuannya untuk melihat, apakah ada perbedaan kondisi burung yang hidup bersarang di bawah tempat tinggal aligator dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Dan mereka menemukan bahwa, burung yang bersarang di dekat reptil berbahaya ini, populasinya jauh lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak bersarang di dekatnya.

Bangunan Berbentuk Ayam di Magelang Ini Hebohkan Dunia

Dr Lucas Nell, seorang peneliti di University of Florida, mengatakan kepada MailOnline, "Studi kami menyediakan bukti kuat bahwa burung yang bersarang di dekat aligator mendapatkan manfaat, begitu juga sebaliknya."


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Burung Ini Jadikan Aligator sebagai 'Bodyguard'"

Posting Komentar