Rabu, 15 Juni 2016

Ini Dia Jalan Paling Lebar di Dunia

Jalan paling lebar di dunia. Foto
Kemacetan hampir setiap hari kita rasakan, bukan hanya di kota-kota besar seperti Jakarta, di kota-kota kecil pun kadang kemacetan tidak bisa dihindarkan. Apalagi di lokasi yang dijadikan area wisata.

Penyebabnya antara lain membludaknya jumlah kendaraan dalam waktu bersamaan, sementara jumlah ruas jalanan terbatas. Bahkan di Jakarta sekalipun yang memiliki ruas jalan lebar, kemacetan tidak bisa dihindari.

Tapi berbeda dengan kota yang satu ini, di mana di sana ada jalan yang sangat lebar. Bahkan disebut sebagai jalanan paling lebar di dunia. Di manakah itu?

Pernikahan Dibatalkan, Keluarga Wanita Pasang Spanduk

Adalah jalan bernama 9 de Julio Avenue (atau Avenida 9 de Julio, dalam bahasa setempat) di pusat kota Buenos Aires, Argentina.
Jalan paling lebar di dunia.
Jalan ini memiliki sembilan jalur yang sangat lebar, dengan median di antaranya digunakan sebagai kebun, dan sekaligus menjadi jalan terluas di dunia. Bahkan untuk menyeberang jalan ini saja, dibutuhkan waktu beberapa menit. Jalan 9 de Julio Avenue hanya memiliki panjang 1 kilometer dengan lebar 110 meter.

Jalan ini menghubungkan beberapa landmark utama di Buenos Aires. Dan nama jalan ini pertama kali direncanakan pada tahun 1888, dengan nama Ayohuma, tapi pembuatan jalan ini ditentang oleh tuan tanah dan warga yang terkena dampak, sehingga pekerjaan tidak mulai sampai tahun 1935.

Bahkan pemerintah Perancis menolak untuk menyerahkan gedung kedutaannya untuk pembongkaran, dan preservationists lokal menentang langkah itu juga, karena bangunannya secara luas dipuji sebagai karya arsitektur.

Berani Mengayuh 'Sepeda' di Atas Ketinggian Ekstrem?

Dan tahap awal pekerjaan jalan ini dimulai pada tanggal 9 Juli 1937 dan selesai pada tahun 1960-an. Jalan penghubung ke selatan diselesaikan setelah tahun 1980, ketika bagian pusat kota dari sistem jalan tol selesai.

Nah bagi Anda yang berminat kesana, siap-siap saja untuk menyeberang jalan yang cukup melelahkan.

Loading...

1 komentar: