Hanya Semalam, Danau Berwarna Merah Berubah Menjadi Biru

Danau berwarna merah. Foto
Di beberapa bagian dunia sering kita temukan fenomena unik dan menakjubkan, seperti api abadi yang tak kunjung padam, gunung meletus di laut, hingga danau yang memiliki warna merah muda yang unik.

Fenomena tersebut sebagian bisa dijelaskan dengan ilmu pengetahuan, namun ada juga yang masih menjadi misteri. Salah satunya danau berwarna merah yang terletak di Iran ini, yang berubah saat kekeringan melanda.

Mahluk Misterius 'Loch Ness' Kembali Perlihatkan Wujudnya

Namun anehnya, danau ini kembali menjadi berwarna biru hanya dalam waktu satu malam saja. Lantas apa yang membuat perubahan ini terjadi? Simak penjelesannya di bawah ini.

Adalah danau Urmia yang terletak di utara Iran berubah kembali ke warna biru, setelah diguyur hujan yang cukup lebat. Hal ini menandakan, jika ekosistem danau yang kekeringan ini kembali sehat.

Bulan lalu, foto-foto menakjubkan berhasil diambil dari ruang angkasa yang menunjukkan skala kekeringan yang sangat besar.

Setelah mengalami kondisi kekeringan yang parah, permukaan air danau ini telah menjadi begitu rendah, sehingga berwarna merah akibat mikro-organisme yang mengubah danau menjadi sesuatu yang menyerupai sebuah film horor.

Namun para ahli tidak yakin, jika makhluk kecil ternyata yang danau ini menjadi merah. Tapi mereka percaya bahwa, kemungkinan ganggang atau jenis bakteri yang dikenal sebagai Halobacteriaceae yang menyebabkan perubahan warna danau.

Heroik, Wanita Ini Menyelam untuk Selamatkan iPhone 5

Kini musim semi tiba, dan menjadi musim terbasah di wilayah utara barat Iran ini. Ditambah salju di pegunungan terdekatnya juga mencair, yang membuat permukaan danau perlahan-lahan kembali naik dan membuat airnya berubah menjadi biru kembali.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hanya Semalam, Danau Berwarna Merah Berubah Menjadi Biru"

Poskan Komentar