Miris, Harimau Ditelantarkan Tinggal Tulang dan Kulit

Harimau Aasha. Foto
Harimau menjadi salah satu kucing yang diperkirakan akan punah, dalam satu abad kedepan. Apalagi habitatnya di alam liar kian hari kian berkurang, akibat perubahan hutan menjadi perkebunan.

Kucing besar ini pun semakin susah untuk mencari mangsa alaminya, sehingga kadang datang ke pemukiman masyarakat. Selain itu, mereka juga kerap diburu dan dijadikan hewan peliharaan atau sirkus.

Tapi kadang nasib mereka pun tidak lebih baik, dibandingkan hidup di habitat aslinya. Seperti harimau bernama Aasha, yang ditemukan tinggal tulang dan kulit dan kondisinya kelaparan.

Monyet Ini Berusaha Melawan Harimau, Ada Apa?

Harimau betina dari jenis Bengal ini, berhasil diselamatkan oleh Vicky Keahey dan kelompok penyayang binatang di negara bagian Texas.

Keahey yang masuk dalam sebuah organisasi yang dikenali sebagai In-Sync Exotics Wildlife Rescue and Educational Center ini, melaporkan jika Aasha dipelihara oleh pemilik sirkus dan tidak diperlakukan dengan baik.

Malangnya, mamalia ganas tersebut tidak dirawat setelah lama menderita sakit. Setelah diambil dari alam liar, Aasha tidak diberi makan yang secukupnya.

Bukan hanya itu, ia juga diletakkan di dalam kandang bersama harimau dewasa yang lebih besar. Hal itu membuat Aasha bukan hanya kurang makanan, bahkan ‘dibuli’ oleh harimau dewasa lainnya.

"Dia bukan hanya kurus, tetapi seluruh tubuhnya dipenuhi kurap. Kaki kecilnya bengkak dan merah, kulit di perut melepuh, merah dan retak," ucap Keahey ketika kali pertama menjumpai Aasha.

Aasha pada saat itu baru berumur sembilan bulan dan hanya memiliki berat 13.6 kilogram, atau satu pertiga dari berat badan normal seekor harimau di alam liar.

"Selama empat minggu kami harus memandikan Aasha dengan sampo obat. Dia juga diberi makan dua jenis obat untuk membantu membersihkan dan membuat kulitnya pulih kembali," tambah Keahey.

Singa Ini Dapatkan Pelajaran Menyakitkan Saat Berburu

Kini kondisinya sudah membaik, dan Aasha bisa merasakan kembali dirinya sebagai hewan paling ditakuti di daratan.


loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Miris, Harimau Ditelantarkan Tinggal Tulang dan Kulit"

Posting Komentar