Jumat, 09 September 2016

Misteri Sungai di Rusia Berwarna Merah Darah

Sungai berwarna merah. Foto

Fenomena di alam selalu menyajikan pertanyaan, terutama bagi mereka yang peduli. Seperti bagaimana gurun pasir terbentuk, danau yang berwarna merah muda di beberapa daerah, hingga api abadi.

Dan yang terbaru adalah perubahan warna sungai yang ada di Rusia, tepatnya di Norilsk. Bahkan, sungai yang berubah warna bak darah ini, sudah dibagikan di sosial media dan langsung menjadi viral.

Ada beberapa teori, yang diduga menyebabkan sungai ini berubah warna secaa drastis. Namun banyak yang menduga, jika ada unsur tangan manusia yang menyebabkan perubahan warna sungai ini. Lantas apa yang sebenarnya terjadi?

Sungai Daldykan di Rusia ini, mengalir melalui kota industri Norilsk dekat Lingkaran Kutub Utara. Dan beberapa hari terakhir, sungai ini berubah dari warna biru-hijau menjadai merah cerah. Belum ada laporan ilmiah resmi, yang mengidentifikasi alasan perubahan tersebut, tetapi dua teori telah muncul.

Yang pertama adalah, warna merah berasal dari sejumlah besar besi yang terurai dan masuk ke sungai secara alami dari tanah di daerah itu. Yang kedua adalah kebocoran bahan kimia dari pabrik di sekitar kota industri.

Norilsk sendiri adalah lokasi pertambangan dan peleburan Nikel terbesar, namun mereka kerap terkandala masalah polusi. Kementerian memperingatkan masalah terkait polusi yang beredar di media sosial, namun para pejabat masih mencoba untuk menemukan sumber yang pasti dari polutan merah ini.

Namun pabrik terbesar di sana, Norilsk Nikel, yang juga memiliki banyak pabrik lain di daerah tersebut, telah membantah bahwa ada kebocoran di fasilitasnya.

Tapi, penduduk setempat tidak terkejut kala melihat sungai berubah menjadi merah, karena sebelumnya pernah terjadi. Sampai saat ini, pemerintah Rusia masih menyelidiki penyebab sungai tersebut menjadi warna merah darah.

Loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar