Tubuh Manusia Tidak Rancang untuk Umur di Atas 125 Tahun

Jeanne Calment. Foto
Baru-baru ini dunia dihebohkan oleh Mbah Gotho, yang mengkaim dirinya berumur lebih dari 145 tahun. Bahkan, anak-anaknya banyak yang sudah meninggal terlebih dahulu, sementara ia masih terlihat sehat.

Selain Mbah Gotho, beberapa manusia berumur panjang kerap muncul di berbagai belahan dunia. Biasanya mereka memiliki pola hidup sehat dan jauh dari stres, serta mereka biasanya ditemukan di pedesaan.

Namun tahukah Anda, jika tubuh manusia tidak dirancang untuk umur di atas 125 tahun? Berikut penjelasannya.

Berkat Jamu, Wanita Cantik Berhijab Ini Kerap Dianggap ABG

Batas umur kehidupan manusia yang tidak lebih dari 125 tahun ini, tercantum dalam sebuah penelitian. Meskipun masih banyak manusia hidup lebih lama, dari batas kemampuan tubuhnya tersebut.

Para peneliti yang dipimpin oleh Jan Vijg dari Albert Einstein College of Medicine di Bronx, New York menyelidiki apakah kenaikan rentang hidup manusia bisa di atas 122 tahun.

Untuk menguji teori ini, mereka mempelajari Database Internasional tentang Longevity, yang mencatat usia kematian dari orang-orang di 41 negara antara tahun 1968 hingga 2006.

Mereka menemukan bahwa, orang akan tetap hidup lebih lama, tapi hanya sampai titik tertentu. Temuan mereka juga didukung oleh usia maksimal yang direkam dalam angka kematian di database lain dari Gerontological Research Group, yang mencatat kematian dari tahun 1972-2015.

Dalam database ini menunjukkan bahwa setiap tahunnya, usia maksimal yang tercatat rata-rata 114 tahun, dan terus menurun sampai saat ini. Dan angka maksimal tubuh bisa bertahan adalah 125 tahun, tetapi angka itu sangat langka.

Sementara, dalam penelitian tersebut setidaknya dalam 10.000 tahun akan ada orang yang berumur di atas 150 tahun. Seperti Nyonya Calment, manusia tertua yang pernah didokumentasikan memeiliki umur 122 tahun 164 hari, hingga ajalnya menjemput pada tahun 1997.

Negara-negara seperti Inggris, Perancis, Jepang dan Amerika Serikat disebut sebagai supercentenarians, di mana mereka banyak memiliki orang yang hidup di atas 110 tahun atau lebih.

Mengaku Berusia 145 Tahun, Mbah Gotho di Sorot Dunia

Namun bagaimana pun, umur panjang bukanlah keinginan seseorang tetapi kehendak Ilahi.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tubuh Manusia Tidak Rancang untuk Umur di Atas 125 Tahun"

Posting Komentar