Kereta Api Bermesin Jet Pernah Ada, Berapa Kecepatannya?

Kereta api bermesin jet. Foto
Kereta api adalah salah satu transportasi masal yan bisa membawa banyak penumpang. Bahkan dalam satu kali perjalanan, kereta api bisa mengangkut hingga ratusan penumpang, dan ini jauh lebih efektif.

Demikian juga dengan jalur yang dilaluinya, yang selalu bebas dari kemacetan. Sarana transportasi yang satu ini juga kerap mengalami perubahan dan perkembangan, yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Hanya 7 Menit, Petugas Kebersihan Kereta Peluru Bikin Kagum

Soal urusan tenaga, kereta api memiliki mesin yang cukup kuat. Tetapi pernahkah Anda melihat, kereta api yang memiliki mesin jet layaknya pesawat tempur? Berapa kecepatannya, dan apakah mampu menyaingi kecepatan shinkansen dari Jepang?

Nasib kereta api bermesin jet.
Di era Uni Soviet, ternyata pernah dikembangkan kereta api yang memiliki mesin jet yang disebut 'turbojet railcar', yang dibangun pada tahun 1970-an.

Soal kecepatan, saat itu kereta api ini mampu melaju dengan kecepatan menakjubkan hingga 160 mph atau 257 kmh, berkat mesin jet besar yang ditempelkan pada bagian atapnya.

Namun umur kereta api ini tidak panjang, hal ini dikarenakan konsumsi bahan bakar yang sangat tinggi dalam setiap perjalanannya. Sehingga kini hanya menjadi rongsokan.

Kereta turbojet pertama ini dikembangkan di Amerika Serikat, oleh seorang insinyur di New York Central Railroad bernama Don Wetzel. Ia diberi tugas di pertengahan 1960-an untuk membuat kereta api lebih aman, lebih murah dan lebih cepat.

Ini Kapal Pengangkut Mobil Terbesar di Dunia

Solusinya adalah dengan menambahkan dua mesin jet di atap lokomotif, dan melihat apa yang terjadi. Dan saat itu, kereta api ini menjadi lokomotif tercepat. Namun jika dibandingkan dengan shinkansen dari Jepang saat ini, masih dibawah kecepatannya.

loading...

Subscribe to receive free email updates: