10 Tahun Perut Membesar, Dioperasi Isinya Kejutkan Dokter

Hasil CT scan perut remaja. Foto
Perkembangan anak harus selalu diperhatikan orang tua, apalagi jika mereka tumbuh berbeda dengan anak seusianya. Jika anak mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang lambat, bisa jadi ada masalah dalam tubuhnya.

Apalagi jika ditambah dengan perut yang membesar, bisa-bisa ada penyakit yang diderita anak. Mereka memang belum tahu arti dari penyakit dan sakit yang dirasakannya, oleh sebab itu perlu perhatian dari orang-orang sekitarnya.

Salah satunya gadis remaja ini, yang perutnya terus membesar selama 10 tahun lamanya. Orang tuanya baru menyadari setelah ia berusia 14 tahun, dan dokter pun dibuat terkejut dengan isi di dalam perutnya.

Ternyata ada bola rambut raksasa seberat setidaknya 3 kilogram, saat dilakukan operasi di bocah gadis malang ini.

Dokter percaya, jika remaja ini telah makan rambutnya selama lebih dari 10 tahun berdasarkan pada ukuran dari bola rambut yang terbentuk.

Remaja ini awalnya mengeluh sakit di perutnya, ia pun kemudian dibawa ke dokter di Rumah Sakit Raja Edward Memorial di Mumbai, yang langsung melakukan CT scan dan mereka terkejut oleh penemuan itu.

Dr Jignesh Gandhi, yang melakukan operasi, mengatakan: "[Pada awalnya] kami pikir ia memiliki tumor di perutnya. [Tapi] penyelidikan lebih lanjut menunjukkan bahwa, itu adalah bola rambut besar atau trichobezoar a."

Untuk mengeluarkan bola rambut besar ini, dokter melakukan operasi yang cukup rumit melalui perut. Dibutuhkan waktu hampir 90 menit oleh tim dari empat dokter, untuk mengeluarkannya.

Dr Gandhi mengomentari prosedur ini: "Itu cukup sulit untuk mengeluarkan seluruh massa dalam satu operasi. Beratnya setidaknya 3 kilogram. Kami punya kasus seperti di masa lalu tapi ukuran kecil."

Gadis yang tidak disebutkan namanya itu, sekarang pulih setelah dioperasi. Memakan rambut dalam jumlah besra, dikenal sebagai trichophagia, bisa karena trauma masa kecil, pelecehan atau peristiwa tertentu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tahun Perut Membesar, Dioperasi Isinya Kejutkan Dokter"

Poskan Komentar