Foto-foto Mengerikan 'Hantu' Abad ke-19

Foto 'hantu.' Foto
Menangkap sebuah penampakan hantu atau sosok menyeramkan dalam foto, mungkin banyak kita temukan saat ini. Terlebih ketika kamera pada gadget kian mumpuni, dan mampu menangkap setiap momen kehidupan.

Namun pernahkah Anda melihat ada sosok hantu dalam hasil cetakan foto-foto lama? Mungkin jawabannya tidak, apalagi saat itu tidak ada perangkat lunak yang mampu memanipulasi hasil foto yang diciptakan.

Tapi jika Anda melihat foto-foto berikut ini, di mana kamera merupakan barang langka dan mahal, akan dikagetkan oleh penampakan-penampakan 'hantu.' Bagaimana mungkin kamera yang sangat sederhana, bisa menangkap sosok hantu?

Ini adalah waktu ketika spiritualisme sangat populer dan ada hal-hal yang mistis seputar proses fotografi.

Bagi fotografer Inggris bernama William Hope, yang membuat sebagian besar masyarakat di tahun 1920-an sangat ingin belajar lebih banyak tentang paranormal, memproduksi sebuah set mencolok berupa penampakan 'roh' dalam jepretannya.

Pria yang merupakan anggota terkenal Crewe Circle, kelompok fotografi spiritualis di kota Staffordshire, didukung oleh banyak orang terkenal di zamannya termasuk penulis Sherlock Holmes, Sir Arthur Conan Doyle.

Tapi karyanya kemudian didiskreditkan setelah peneliti menemukan bahwa, ia telah menggunakan proses fotografi disebut double exposure, di mana satu gambar yang dibuat oleh mengekspos film beberapa kali. Para ahli mengatakan, dia mencetak di dalam sebuah gambar yang sudah dicetak, sehingga menghasilkan gambar menumpang layaknya hantu.

Hope yang lahir pada tahun 1863, adalah bagian dari lingkaran media spiritualis di Inggris pada pergantian abad, dan menghasilkan periode foto pertamanya pada tahun 1905 dan satu set gambar 'hantu' pada tahun 1920.

Fotografi hantu.
"Ide ini menjadi medium di mana roh-roh muncul dan berkomunikasi dengan orang hidup. Itulah yang diharapkan orang-orang, percaya pada foto-foto ini," kata Sarah Ledjmi, koleksi dan asisten di Media Museum Nasional di Bradford.

Fotografi ini pertama kali muncul pada tahun 1860, setelah William Mumler mulai menggunakan proses paparan ganda untuk mengungkapkan hantu di Boston, namun masyarakat justru bersikap skeptis, 60 tahun sebelum foto Hope muncul.

Namun fotografi 'hantu' ini mati pada tahun 1933, di mana perang mulai terjadi dan Hope meninggal, dan fotografi diikuti oleh era modern yang mengambil alih 'dengan pikiran yang lebih rasional'.

loading...

Subscribe to receive free email updates: