Kamis, 02 Februari 2017

Ilmuwan Ungkap Jika Magnet Bumi Akan Berbalik Arah, Kiamat?

Magnet bumi. Foto
Medan magnet mirip dengan kekuatan yang tidak terlihat, yang akan melindungi kehidupan di planet ini dari sinar kosmik yang bisa membunuh penghuninya dan mengalihkan partikel bermuatan listrik jauh dari kehidupan.

Namun para ahli kini percaya, jika medan magnet yang tidak terlihat tersebut bisa berbalik arah, dan menyebabkan kehancuran atau biasa kita sebut sebagai kiamat.

Mereka percaya jika terakhir kali medan magnet terbalik terjadi sekitar 780.000 tahun yang lalu, dan sementara satu 41.000 tahun yang lalu. Dan akan terjadi lagi di kehidupan manusia modern. Lantas kapan perkiraan medan megnet akan terbalik?

Dikutip dari Daily Star, ilmuwan universitas Leeds, Dr Phil Livermore dan Dr Jon Mound memperingatkan jika terbaliknya medan magnet akan terjadi lagi yang kemudian dipublikasikan di The Conversation, situs non-profit akademik.

Mereka menuliskan: "Perubahan medan magnet akan melemahkan efek perisai, yang memungkinkan terjadi tingkat radiasi yang tinggi di atas permukaan bumi. Apakah ini terjadi hari ini? Peningkatan partikel bermuatan mencapai bumi akan mengakibatkan peningkatan risiko untuk satelit, penerbangan, dan infrastruktur listrik berbasis darat."

Mereka juga melihat pada tahun 2003, Swedia dilanda badai yang disebut Halloween, yang menyebabkan meluasnya pemadaman listrik dan komunikasi. Dan kejadian serupa juga terjadi di seluruh dunia namun tidak pernah diberitakan di media mainstream.

Namun mereka tidak bisa mendefinisikan seperti apa kehidupan di Bumi, jika terjadi pembalikan medan magnet ini terjadi saat ini. Namun, pembalikan medan manet di masa lalu menyebabkan peristiwa kepunahan massal, yang berarti kehidupan di Bumi bisa saja menghilang jika terjadi atau biasa kita sebut kiamat.

Loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar