La Pascualita, Manekin yang Konon Terbuat dari Mayat Seorang Gadis

Salon khusus jenazah. Foto
Mengintip dari balik jendela kaca sebuah toko pengantin kecil di Chihuahua, Meksiko, berdiri sebuah manekin tinggi dan ramping yang mengenakan kostum pengantin. Selama hampir sembilan puluh tahun, manekin ini menjadi ikon toko La Populer.

Kulit manekin ini pucat, tangannya berurat, kerutan ada pada telapak tangannya, dan kukunya usang. Siapa sangka, jika manekin ini bukan boneka tapi mayat yang diawetkaan sempurna dan dikenal sebagai La Pascualita.

Memang tampak aneh bagi kita yang baru pertama kali melihatnya, jika toko ini memajang sebuah manekin yang terlihat memakai gaun pengantin. Lantas benarkah manekin ini terbuat dari tubuh seorang gadis? Simak ulasannya berikut ini.

Dikutip dari amusingplanet.com, La Pascualita, atau "Sedikit Pascuala", pertama kali muncul di jendela toko pengantin ini pada 25 Maret 1930.

Menurut kisah yang ada turun temurun, Pascuala Esparza, pemilik toko, memiliki seorang putri cantik (namanya hilang dari sejarah) yang akan menikah kekasihnya. Tragisnya, pada hari pernikahannya, dia digigit oleh laba-laba black widow dan meninggal.

Pascuala Esparza begitu putus asa karena kehilangan putrinya, sehingga ia memiliki ide untuk mengawetkan tubuh anaknya dan ditempatkan di jendela, sehingga dia bisa selalu menjadi pengantin dalam kematiannya.

Kabar ini pun kemudian menyebar, dan penduduk setempat marah kepada pemilik toko dan mengucapkan kata-kata kasar. Pascuala Esparza pun membantah tuduhan tersebut. Ia berdalih jika La Pascualita hanyalah sebuah manekin, yang sangat rumit dalam membuatnya. Tapi itu sudah terlambat. Tidak ada yang percaya padanya.

Selama bertahun-tahun, kisah tersebut telah menjadi lebih aneh lagi bahkan seram, termasuk dari pelayan dan pelanggan yang pernah datang ke toko tersebut.

"Setiap kali saya pergi dekat Pascualita tanganku berkeringat. Tangannya sangat realistis dan ia bahkan memiliki varises di kakinya. Saya percaya dia adalah manusia," ucap seorang pekerja toko.

Mungkin, toko pemilik sekarang, Mario Gonzalez, mencintai dan menjaga legenda hidup ini. Dua kali dalam seminggu, pakaiannya akan diganti. Satu karyawan yang pernah melihatnya telanjang percaya, jika tubuh manekin ini tidak seperti boneka namun lebih mirip manusia.

Mario Gonzalez menikmati ketenaran dan kedatangan wisatawan untuk melihat La Pascualita di tokonya, dan ia berniat untuk tetap menjaganya seperti itu. Pada jendela belakang di mana manekin berdiri, dengan bangga ditampilkan kata-kata "La Casa De Pascualita", atau "The Home of La Pascualita."

Ketika ditanya apakah manekin pengantin wanita ini benar-benar mumi, dia hanya tersenyum dan menggeleng. "Apakah itu benar? Banyak orang percaya itu, tapi aku benar-benar tidak bisa mengatakan."

Bagaimana menurut Anda?

loading...

Subscribe to receive free email updates: