Rabu, 26 April 2017

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Jika Terlalu Banyak Konsumsi Kafein

Kopi. Foto: dailystar.co.uk
Kopi adalah salah satu mood booster di pagi hari, terutama bagi pekerja. Kopi bisa menghilangkan rasa kantuk dan juga memberikan energi, saat kita akan beraktivitas. Tidak heran jika kopi jadi salah satu minuman favorit.

Tetapi, tidak baik jika bangun langsung meminum kopi. Apalagi jika kopi tersebut adalah kopi hitam, karena perut bisa saja kelebihan asam yang akan membuat rasa perih dan melilit. Dan juga tidak baik, untuk mengonsumsi terlalu banyak kopi dalam sehari.

Hal ini tidak lain karena kopi mengandung kafein, yang juga akan meningkatkan kerja jantung. Lantas berapa cangkir kopi yang aman untuk kita konsumsi dalam sehari? Berikut penjelasannya, agar Anda tetap sehat meskipun senang minum kopi.

Tapi bagi Anda pecinta kopi harus bersukacita, karena penelitian baru telah mengungkapkan bahwa Anda dapat dengan senang hati menenggak empat cangkir kopi sehari, tanpa takut risiko kesehatan.

Para ilmuwan melihat lebih dari 740 studi tentang efek kafein pada manusia, dan semuanya dipublikasikan antara 2001 dan 2015.

Ternyata 400 miligram kafein--yang setara dengan sekitar empat cangkir kopi saring sehari--sangat aman untuk diminum dan tidak menunjukkan efek samping.

Wanita hamil bisa mengkonsumsi hingga 300 miligram, atau tiga cangkir kopi, dan anak-anak hingga remaja hanya dianjurkan 2.5 miligram saja.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Food and Chemical Toxicology ini, melihat lima efek buruk dari kafein terhadap kesehatan di antaranya: toksisitas akut, tulang/kalsium, kardiovaskular, perilaku & reproduksi dan perkembangan.

Periset menemukan bahwa, selama batas 400 miligram kafein tidak dilanggar, tidak perlu khawatir mengkonsumsi kopi.

Dr Eric Hentges, Direktur Eksekutif, International Life Sciences Institute (ILSI) Amerika Utara, yang melakukan penelitian tersebut, mengatakan: "Review sistematik ini memberikan bukti bahwa kita memahami lebih jauh tentang kafein kepada kesehatan manusia."

Tapi apa yang terjadi jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi kafein? Stimulan ini dapat mempengaruhi sistem kardiovaskular, kesehatan tulang, sistem gastrointestinal, kualitas tidur dan sistem saraf pusat.

Ini juga terkait dengan masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan. Konsumsi kafein secara konsisten juga dapat menyebabkan sakit kepala, mual, muntah, demam, tremor, hiperventilasi, pusing, cemas, tinnitus dan agitasi.

Dan yang lebih serius lag, bisa menyebabkan sakit perut, kesadaran berubah, kekakuan otot, kejang, kerusakan otot dan detak jantung tidak teratur.

Adam Splaver, MD, seorang ahli jantung dari Florida, AS, memperingatkan bahwa Anda dapat overdosis oleh kafein dan bahkan mungkin mati jika Anda terlalu banyak meminumnya.

"Overdosis kafein bisa menyebabkan gangguan irama jantung, vasokonstriksi, serangan jantung, stroke dan tekanan darah tinggi pada populasi tertentu," katanya kepada Men's Health.

Sebuah penelitian sebelumnya mengenai kematian terkait kafein memperkirakan bahwa Anda harus mengurangi 5 gram kafein agar tikda overdosis.

Loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar