Kebiasaan yang Buat Otak Makin 'Mengkerut'

Kebiasaan buruk untuk otak. Foto: boldsky.com
Satu fakta yang tak terelakkan adalah bahwa, otak kita terus mengalami penyusutan sseiring dengan bertambahnya usia. Hal ini dikenal sebagai atrofi otak. Dan tentunya akan berdampak pada koneksi saraf.

Umur juga bisa membuat ketajaman otak Anda berkurang, dan itu tidak bisa dihindari. Tapi kita bisa mengurangi dampaknya dengan gaya hidup sehat sehingga mencegah kerusakan otak. Tapi sayangnya, tanpa kita sadari justru melakukan sebaliknya.

Banyak kegiatan yang kita lakukan justru membuat otak semakin 'mengkerut,' dan kehilangan ketajamannya. Nah, jika Anda masih melakukannya maka segera mungkin hindari dari sekarang. Lantas kebiasaan buruk apa sajakah itu?

Dikutip dari boldsky, berikut kebiasaan buruk yang membuat otak 'mengkerut':

Kebiasaan pertama
Cahaya yang dipancarkan oleh layar gadget, pertama mempengaruhi retina di mata Anda. Hal ini pada akhirnya akan mempengaruhi hormon di otak.

Ketika Anda terus bermain dengan gadget sebelum tidur, Anda benar-benar membingungkan otak dengan menjaganya tetap aktif. Anda tidak memberikan sinyal kepada otak untuk bersantai dan mempersiapkan untuk tidur. Dalam jangka panjang, gadget pasti mempengaruhi otak Anda.

Kebiasaan kedua
Semua obat (apakah itu resep dokter atau bukan) memengaruhi kesehatan otak. Tentu saja, obat akan memulihkan tubuh dari penyakit. Tapi secara perlahan memengaruhi otak kita. Kita akan mudah kehilangan memori, fungsi otak terganggu, frustrasi depresi dan kecemasan.

Kebiasaan ketiga
Kortisol adalah hormon stres yang menjadi musuh bagi kesehatan otak. Stres yang Anda rasakan di tempat kerja, adalah salah satu faktor yang perlahan-lahan menggerogoti otak, dan mempercepat proses penyusutan.

Kebiasaan keempat
Dehidrasi dapat membuat penyusutan otak berlangsung lebih cepat. Dehidrasi mempengaruhi aliran darah ke otak. Di mana sel-sel otak kita sebagian besar adalah air, dan itulah sebabnya Anda harus mengonsumsi air secara teratur.

Kebiasaan kelima
Sama seperti jaringan lain dalam tubuh, otak juga mengalami perbaikan secara rutin selama tidur. Kurang tidur menyebabkan kelelahan mental. Dalam jangka panjang, kurang tidur berkontribusi banyak pada penyusutan otak.

Kebiasaan keenam
Ya, junk food adalah makanan yang buruk untuk otak dan jantung. Bahan-bahan makanan olahan, makanan pedas dan makanan junk food perlahan menyebabkan kerusakan sel di otak.

Kebiasaan ketujuh
Latihan fisik bermanfaat untuk otak juga. Itulah sebabnya otak bekerja lebih baik setelah olahraga.

Kebiasaan kedelapan
Malnutrisi adalah hal yang buruk bagi otak. Cukup mengonsumsi makanan juga tidak cukup. Pilih makanan bergizi. Otak kita butuh nutrisi untuk berfungsi dengan baik.

Kebiasaan kesembilan
Merokok bisa menipis beberapa jaringan otak dan mempercepat penyusutan. Bahkan jika ditambah dengan mengonsumsi alkohol, itu akan lebih buruk bagi kesehatan otak.

Mari menjaga kesehatan otak kita untuk masa tua yang lebih cerah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kebiasaan yang Buat Otak Makin 'Mengkerut'"

Posting Komentar