Pasar Tomohon Jadi Sorotan Dunia, Begini Reaksi Mereka

Suasana di pasar Tomohon. Foto: dailymail.co.uk
Ppasar tradisional mungkin menjadi pemandangan yang tidak asing bagi kita, di mana sayuran, buah dan daging segar diperjualbelikan. tapi di salah satu sudut terpencil di Indonesia, ada sebuah pasar yang tidak lazim.

Di mana di pasar tradisional ini kita akan menemukan daging hewan-hewan yang tidak biasa dimakan, seperti monyet, ular, kelelawar hingga tikus. Melihatnya saja mungkin sebagaian besar dari kita akan merasa jijik.

Tetapi pasar ini tidak luput dari pendangan aktivis, yang berusaha untuk membujuk warga desa di pasar Tomohon, Sulawesi untuk berhenti mengkonsumsi hewan-hewan eksotis yang terancam punah, salah satunya adalah monyet.

Hewan dengan nama ilmiah Macaca nigra, adalah bagian dari sebuah kaleidoskop satwa liar yang eksotis yang bisa ditemukan di seluruh Indonesia, termasuk harimau dan orangutan, yang terus menghadapi berbagai ancaman dari pemburu liar dan kehancuran habitat mereka.

Daging monyet ini dihargai tinggi oleh orang-orang Minahasa, kelompok yang sebagian besar adalah Kristen dan yang paling padat penduduknya dari negara yang mayoritas Muslim. Mereka tidak memiliki aturan tentang makan binatang eksotis, tidak seperti penduduk muslim di Indonesia.

Di pasar Tomohon ini, perut kita akan dibuat melilit. Di mana kita bisa dengan mudah melihat tikus, kelelawar hingga anjing panggang.

Jual beli di psar Tomohon.
Dan siapa sangka, jika aktivitas warga di pasar ini dilirik media dunia, salah satunya adalah Daily Mail. Mereka khawatir jika beberapa hewan akan musnah, padahal Uni Internasional untuk Konservasi Alam mengklasifikasikan monyet sebagai binatang terancam punah.

Tulisan tentang pasar Tomohon pun dibanjiri berbagai komentar, salah satunya menuliskan: Bagaimana mereka hidup bagaikan manusia zaman batu, membunuh dan memakan apapun yang melayang dan berenang."

Sementara akun bernama Ggemuke, dari Lazytown, United Kingdom, menuliskan: "Ini bukan budaya yang patut dilestarikan dan dipertahankan. Mereka harusnya melihat hak asasi termasuk kepada binatang."

Sebagian besarnetizen di Inggris memang menyayangkan dengan keberadaan pasar Tomohon ini, dan berharap ada penghentian dari perburuan hewan eksotis yang terancam punah.

Bagaimana menurut Anda?


Subscribe to receive free email updates:

19 Responses to "Pasar Tomohon Jadi Sorotan Dunia, Begini Reaksi Mereka"

  1. Sungguh terlalu dan menjijikkan.. apapun dalih utk melegalkan Jenis hewan yg dimakan itu namun itu tdk dpt mengubah penilaian manusia normal...

    BalasHapus
  2. Ngeri banget pasarnya, yg ada sampe sampe mual muntah heuuuuu

    BalasHapus
  3. Kalo koment bawa agama banyak yg bully nanti, ribet

    BalasHapus
  4. Ini benar2 tidak berperikebinatangan

    BalasHapus
  5. Semua yg berkaki 4 di makan...kecuali Meja, itupun krn keras

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...kalo ga keras...di hajar juga kali yaaaa...

      Hapus
  6. Ada ayam, bebek, banyak yg ternak unggas. Kenapa harus makan beginian? Yang ada malah rasa malu karena sampai telinga orng luar

    BalasHapus
  7. Hari gini masih makan binatang menjijikan ????? Cape deh !!!!

    BalasHapus
  8. Gw pernah kesana, kalo dilihat sepintas emang menjijikkan, tapi hewan2 yang dijual seperti tikus bukan jenis tikus got, tapi tikus hutan. Dan karena mayoritas pembeli dan penjual non muslim ya jadi tidak masalah.

    BalasHapus
  9. Yang penting tidak makan sesama manusia (dari tubuhnya sampai lewat korupsi dan rasis)

    BalasHapus
  10. Semoga ada kesadaran dr Pemda dan masyarakat di Tomohon.bahwa yg dilakukan itu.bs merusak kelestarian hewan dan alam

    BalasHapus
  11. Kelelawar,monyet,babi,yg berkaki 4 mereka bisa makan. Kaki 4 yg mereka tdk bisa makan Mungkin kursi dan meja kali ya?

    BalasHapus
  12. Bukan perut tpi t4 sampah yg bisa di isi apa sj

    BalasHapus
  13. Kembali ke hati kita masing²..

    BalasHapus
  14. Makanya jangan main main sama orang Manado Minahasa...hahaha Iblispun kalo ketangkap pasti dimakan. Di Tanah Minahasa tak ada binatang buas, tak ada hama babi hutan...yang ada hama Manusia yang siap makan apa saja hewan berkaki 4, tinggal Kaki Meja yang gak dimakan.

    BalasHapus
  15. Bagus lah tidak ada komentar agama....

    BalasHapus
  16. Semua yang terbang bisa dimakan kecuali pesawat itupun lantaran keras, semua yg menyelam bisa disantap bisa dimakan kecuali lapal selam lantaran keras jgditempat kalian anjing makan tulang tempat kami tulang makan anjing

    BalasHapus