Pria Ini Temukan Harta Karun Bangsa Viking Berharga Rp29 Miliar

Harta karun bangsa Viking. Foto: dailymail.co.uk
Bisa menemukan harta karun ungkin menjadi impian beberapa di antara kita. Apalagi kita tahu, jika banyak sekali harta yang berasal dari masa lalu yang mungkin terkubur, akibat perang atau bahkan bencana alam.

Untuk melakukannya kita harus menggunakan alat dan juga pengetahuan tentang sejarah, terutama di beberapa lokasi yang dipercaya bisa menjdi tempat harta karun berada. Meskipun ada yang tidak menemukan apapun, tapi ada juga orang-orang yang beruntung.

Salah satunya seorang pria dengan detektor logamnya, yang berhasil menemukan 'koleksi terkaya' dari artefak Viking langka yang pernah ditemukan. Di mana nilai harta karun tersebut cukup mengejutkan, yaitu sekitar Tp29 miliar. Bagaimana kisahnya?

Adalah pria bernamaa Derek McLennan yang menemukan harta karun berusia ribuan tahun yang mencakup gelang dan bros perak, cincin emas, salib Kristen enamel dan pin emas berbentuk burung, di sebuah ladang di Skotlandia barat pada tahun 2014.

Harta karun bangsa Viking.

Dia pun menyerahkan penemuannya tersebut kepada para ahli, dan badan yang mengatur tentang barang dan properti tanpa pemilik.

Sebuah badan, QLTR, kini telah memutuskan bahwa 100 item yang ditemukan tersebut harus dialokasikan ke Museum Nasional Skotlandia untuk dipamerkan, asalkan mereka membayar £ 1,98 juta tau arp29 miliar kepada McLennan.

Jumlah tersebut telah ditetapkan untuk mencerminkan nilai pasar saat ini.

Aturan tentang penemuan di Skotlandia berarti hanya pencari yang menerima pembayaran, berbeda dari bagian Inggris lainnya di mana penghargaan dibagi dengan pemilik lahan.

Ketua QLTR, David Harvie menggambarkan jika 'tumpukan Galloway' sebagai kepentingan internasional dan 'salah satu temuan terpenting yang ditemukan di Skotlandia'.

Bagian terbesar dari tumpukan itu adalah perhiasan perak dan 'rangkaian barang logam mulia dan barang berharga yang luar biasa'.

Ini termasuk ingot emas langka, manik-manik, kristal dan cangkir perak yang dihias yang diperkirakan berasal dari Bizantium.

Kelompok kampanye Galloway Viking Hoard telah menyerukan agar barang-barang itu dipajang di barat daya Skotlandia, dekat tempat mereka ditemukan.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pria Ini Temukan Harta Karun Bangsa Viking Berharga Rp29 Miliar"

Posting Komentar