Minggu, 04 Juni 2017

7 Alasan Berbahaya Anda Harus Berhenti Mandi Air Panas

Ilustrasi mandi. Foto: boldsk.com
Sebagian dari kita mungkin enggan untuk mandi di pagi hari dengan air dingin. Saat bangun tidur dan kita mandi, tentu badan bisa menggigil jika menggunakan air dingin. Dan langkah mengatasinya adalah dengan menambahkan air panas.

Tapi banyak juga yang memilih untuk mandi air panas di pagi hari hingga malam hari, karena kebiasaan. Siapa sangka, jika terlalu sering mandi menggunakan air panas ternyata tidak baik bagi kesehatan.

Terutama jika Anda seorang pria, sebaiknya menghindari mandi dengan menggunakan air panas. 7 alasan di bawah ini mungkin bisa menjadi pertimbangan bagi Anda, mulai saat ini untuk menghindari mandi air panas.

Dikutip dari boldsky.com, berikut ulasan lengkapnya:

Fakta 1
Pada pria, shower panas bisa mempengaruhi kesuburan. Air panas bisa merusak sel sperma. Di mana sel ini tidak bisa bertahan dalam kondisi panas.

Alasan 2
Sebuah studi mengungkapkan bahwa, mandi dengan air panas di iklim yang sangat dingin berisiko kepada serangan jantung. Ini bisa meningkatkan risiko serangan jantung juga!

Alasan 3
Air panas akan merusak kelembaban di kulit yang membuatnya terlihat kering, bersisik, retak dan rusak.

Alasan 4
Banyak penelitian mengklaim bahwa mandi dingin meningkatkan kekebalan tubuh. Di sisi lain, air panas bisa berbahaya terutama setelah Anda minum minuman beralkohol atau keracunan. Beberapa zat mengubah tekanan darah dan detak jantung. Mandi air panas bisa memperburuk efek zat tersebut.

Alasan 5
Panas bisa menyebabkan perubahan mendadak dalam tekanan darah. Panas bisa menyebabkan vasodilatasi. Jadi, hati Anda perlu bekerja lebih keras untuk memompa darah. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada orang-orang dengan masalah kardiovaskular.

Alasan 6
Pada beberapa orang, air panas juga bisa menyebabkan pusing. Ini karena adanya perubahan yang bisa terjadi pada tekanan darah.

Alasan 7
Karena adanya perubahan yang terjadi pada sistem peredaran darah, beberapa orang bahkan mengalami mual saat mereka berendam di bak mandi dengan air panas. Dianjurkan untuk tidak mandi setelah makan.  Bisa juga menyebabkan muntah.

Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya ke keluarga dan teman...

Loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar