Minggu, 23 Juli 2017

Ditemukan Kapal Tenggelam dengan Harta Rp1,7 Triliun di Dalamnya

Kapal yang memuat emas senilai Rp1,7 triliun. Foto: dailymail.co.uk
Sejak zaman dahulu laut telah digunakan sebagai jalan untuk menemukan dunia baru, seperti yang dilakukan orang-orang Eropa saat berlaya ke Benua Amerika. Selain itu, laut juga digunakan sebagai jalur perdagangan internasional.

Banyak kapal laut yang membawa muatan berharga, mulai rempah-rempah hingga perhiasan dengan harga yang fantastis. Dan dari banyaknya kapal yang melintasi laut setiap harinya, ada di antara mereka yang tenggelam, terutama saat terjadi peperangan.

Ini menjadi kesempatan besar bagi pemburu harta karun, untuk menemukannya. Dan ternyata, sekelompok pemburu harta karun mengklaim berhasil menemukan harta dalam sebuah kapal yang tenggelam, dan nilainya pun sangat fantastis, yakni Rp1,7 triliun.

Dikutip dari dilymail.co.uk, sekelompok pemburu harta karun asal Inggris, telah menemukan sebuah peti yang bisa berisi emas seharga £ 100 juta atau Rp1 triliun peninggalan Nazi, dalam bangkai sebuah kapal kargo Jerman di lepas pantai Islandia.

Mereka menemukan sebuah kotak berisi empat ton logam berharga, yang diyakini merupakan emas dari bank-bank Amerika Selatan, di ruang pos SS Minden, yang tenggelam pada tahun 1939.

Emas diyakini berada di atas kapal, dan menuju ke Jerman saat kapal tersebut tenggelam 120 mil tenggara Islandia pada tanggal 24 September 1939, tak lama setelah Perang Dunia II dimulai.

Advanced Marine Services telah mengajukan permohonan kepada pemerintah Islandia, dengan harapan mendapatkan izin untuk memotong lubang di kapal untuk mengeluarkan kotak itu.

Pemburu harta karun, yang percaya tangkapannya adalah milik pencari kotak itu, ingin membawa isinya kembali ke Inggris.

Menurut Pemantau Islandia, ketika penjaga pantai bertanya kepada kru mengapa mereka berada di sana, mereka memberikan 'penjelasan yang samar dan berbeda'.

Georg Lárusson, direktur Coastguard Islandia menjelaskan bahwa, mereka tidak memiliki izin untuk mencari harta karun di perairan Islandia.

SS Minden sendiri berlayar dari Brasil pada tanggal 6 September 1939 setelah pejabat dari Banco Germanico, anak perusahaan dari bank Dresdner, Jerman, membantu menaikkan muatan ke dalam kapal.

Ketika kapal itu dilihat oleh kapal penjelajah Inggris HMS Calypso dan HMS Dunedin, Adolf Hitler memerintahkan kapten Minden untuk menenggelamkan kapal, sehingga Angkatan Laut Kerajaan tidak akan menyita muatannya.

Loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar