Ini Dia Hewan yang Terakhir Hidup Meski Bumi Kiamat

Tardigrades. Foto: dailymail.co.uk.
Kiamat adalah waktu di mana bumi hancur dan semua kehidupan di atasnya akan mati. Namun kapan itu akan terjadi, tidak ada satu pun manusia yang bisa memprediksinya, sekalipun menggunakan teknologi canggih.

Tapi, apakah ada mahluk yang bisa selamat dari kehancuran mahluk hidup ini? Ternyata, para peneliti yakin jika ada satu mahluk hidup yang dipercaya bisa selamat dari kehancuran total ini, apakah itu?

Hewan tersebut adalah tardigrades, yang diklaim tidak dapat dihancurkan atau mati. Bahkan ia akan menjadi hewan terakhir yang hidup di planet ini. Benarkah demikian? Simak ulasannya di bawah ini.

Tardigrade adalah mahluk yang sangat kecil berukuran mikroskopis, dan menjadi hewan di dunia yang paling tidak bisa dihancurkan. Hewan yang satu ini bisa bertahan pada suhu yang ekstrem sampai 150 derajat Celcius. Studi baru menemukan bahwa, hewan ini dapat bertahan dalam serangan asteroid atau bintang yang meledak.

Hewan yang dikenal sebagai beruang air ini, juga dapat bertahan hingga 30 tahun tanpa makanan atau air.

Dikutip dari dailymail.co.uk, sebuah studi baru yang dilakukan oleh Universitas Oxford menemukan bahwa, hewan mikroskopis ini sangat tangguh dan akan terus ada setidaknya selama 10 miliar tahun ke depan.

Hewan berkaki delapan ini tumbuh sekitar setengah sentimeter (0,02 inci), dan bertahan terhadap tingkat radiasi 5000 sampai 6200 Gy. Peneliti dari Universitas Oxford telah mempelajari risiko kepunahan hewan ini, untuk berbagai bencana astrofisika.

Dr Rafael Alves Batista, seorang peneliti di jurusan fisika di Universitas Oxford, mengatakan kepada MailOnline: "Tujuannya adalah untuk mempelajari apa yang diperlukan untuk membunuh semua kehidupan, bukan hanya manusia. Untuk tujuan ini, kita telah memilih bentuk kehidupan yang paling tahan lama yang kita kenal: tardigrades."

Penelitian tersebut menemukan bahwa makhluk mungil tersebut dapat bertahan dalam serangan asteroid, supernova atau ledakan sinar gamma--semacam ledakan energik yang ekstrem.

Namunn kita harus percaya, jika semua mahluk hidup sekecil apapun akan mengalami dimatikan saat kiamat tiba.

loading...

Subscribe to receive free email updates: