Misteri Menara Tengkorak Aztec Akhirnya Terkuak

Menara tengkorak. Foto: dailymail.co.uk
Peradaban zaman kuno selalu menarik para minat para arkeolog dan sejarawan, terutama jika sedikit sekali informasi yang bisa didapatkan. Namun mereka meninggalkan beragam artefak dan juga misteri yang belum terpecahkan.

Salah satunya menara tengkorak manusia ini, yang ditemukan di bawah jantung Kota Meksiko. Di mana hal ini telah memberikan pertanyaan baru bagi para ilmuwan, tentang budaya pengorbanan di Suku Aztec yang memang terkenal kejam.

Bukan tanpa alasan, tumpukan tengkorak tersebut bukan hanya milik pria dewasa, tetapi ada juga wanita dan anak-anak. Lantas untuk apa pembuatan menara tengkorak tersebut? Berikut uraian lengkapnya.

Dikutip dari Daily Mail, arkeolog telah menemukan lebih dari 650 tengkorak yang dilapisi kapur dan ribuan fragmen di bangunan silinder dekat lokasi Walikota Templo, salah satu kuil utama di ibukota Aztec Tenochtitlan, yang kemudian menjadi Kota Meksiko.

Menara ini diyakini merupakan bagian dari Huey Tzompantli, sebuah tengkorak besar yang digunakan menakut-nakuti para pendatang dari Spanyol, saat mereka merebut kota di bawah Hernan Cortes.

Penggalian menara tengkorak.
Sejarawan menghubungkan bagaimana kepala yang terputus ini menghiasi tzompantli, atau menara tengkorak, yang ditemukan di sejumlah budaya Mesoamerika sebelum penaklukannya oleh Spanyol.

Namun, penggalian arkeologi di perut Kota Meksiko yang dimulai pada tahun 2015 ini menunjukkan bahwa masih ada bagian yang tidak lengkap.

"Kami mengharapkan hanya pria, tentu saja pria muda, seperti prajurit, sementara wanita dan anak-anak tidak akan berperang. Sesuatu sedang terjadi yang tidak kita catat, dan ini benar-benar baru, yang pertama di Huey Tzompantli," kata Rodrigo Bolanos, antropolog biologi yang menyelidiki temuan tersebut.

Menara  tengkorak ini memiliki diameter enam meter dan berdiri di sudut kapel Huitzilopochtli, dewa matahari, perang dan pengorbanan manusia di suku Aztec.

Tidak ada keraguan bahwa menara itu adalah salah satu bangunan tengkorak yang disebutkan oleh Andres de Tapia, seorang tentara Spanyol yang menemani Cortes dalam penaklukan 1521 di Meksiko.

Dahulu, Tapia mengatakan bahwa dia menghitung puluhan ribu tengkorak pada apa yang kemudian dikenal sebagai Huey Tzompantli. Suku Aztec dan orang-orang Mesoamerika lainnya, memang kerap melakukan ritual pengorbanan manusia sebagai persembahan kepada matahari.

Dalam ritual yang khas, korban-korban akan dibawa ke puncak bait suci, di mana empat pemuka agama meletakkan korban di atas sebuah lempengan batu.

Bahkan pada tahun 1487, suku Aztec tercatat telah mengorbankan sekitar 80.400 orang hanya dalam waktu empat hari saja. Meskipun sejarawan percaya bahwa angka itu mungkin berlebihan.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Misteri Menara Tengkorak Aztec Akhirnya Terkuak"

Posting Komentar