'Pisang Emas' Ini Diklaim Bisa Selamatkan Ribuan Orang

Pisang emas.
Pisang adalah salah satu buah surga, yang memang terdapat dalam kitab suci. Buah yang satu ini memang tidak bisa lagi dipungkiri khasiatnya, karena kaya akan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Ada banyak sekali ragam buah pisang yang ada di sekitar kita, dan biasanya disesuaikan dengan kebutuhan. Ada buah pisang yang bisa dikonsumsi langsung tanpa pengolahan, namun ada juga buah pisang yang membutuhkan pengolahan seperti digoreng.

Tapi pernahkah Anda tahu, jika ada satu varian buah pisang yang unik, yaitu 'pisang emas.' Pisang ini diciptakan oleh peneliti dan diklaim bisa menyelamatkan ribuan nyawa orang-orang. Lantas apa khasiat dari 'pisang emas' ini?

Di negara-negara berkembang, isu tentang kekurangan vitamin A (VAD) masih banyak ditemukan. Di banyak negara dunia ketiga, VAD telah menjadi penyebab ribuan kematian--terutama anak-anak. Faktanya, sekitar 650.000 sampai 700.000 anak dilaporkan meninggal dunia setiap tahunnya, akibat dari defisiensi vitamin A.

Namun berkat penelitian 12 tahun oleh para ilmuwan dari Queensland University of Technology di Australia, ada jenis baru dari pisang yang kaya akan pro-vitamin A dan telah dikembangkan, sehingga dapat menyelamatkan ribuan nyawa.

Proses ekstensif dilaporkan melibatkan modifikasi sel pisang tunggal, yang kemudian tumbuh menjadi embrio pisang dan berkecambah menjadi tanaman. Tujuannya agar petani di negara berkembang, Uganda khususnya yang menjadi sasaran proyek ini, bisa menanam pisang kaya akan pro-vitamin A pada tahun 2021.

"Apa yang telah kita lakukan adalah mengambil gen dari pisang yang berasal dari Papua Nugini, dan secara alami sangat tinggi vitamin A namun memiliki tandan kecil, dan memasukkannya ke dalam pisang Cavendish," kata Profesor Dale yang memimpin tim tersebut.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat video di bawah ini, tentang 'pisang emas' ajaib.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "'Pisang Emas' Ini Diklaim Bisa Selamatkan Ribuan Orang"

Posting Komentar