Aneh, Dada Remaja Pria Ini Tiba-tiba Tumbuh Layaknya Wanita

Dada pria tumbuh. Foto:dailymail.co.uk.
Sudah lazim bagi seorang wanita akan menumbuhkan dadanya saat berada di usia pubertas, sementara pria akan menumbuhkan lebih banyak bulu dan juga perubahan suara. Tapi perubahan gaya hidup kadang membuat perubahan yang aneh.

Ya, seorang remaja di China timur harus rela karena salah satu bagian dadanya tumbuh layaknya remaja putri. Bahkan, terus membesar hingga membuatnya malu dan curiga dengan kejadian ini.

Pria 19 tahun tersebut melihat payudara kanannya mulai tumbuh, saat ia berusia 13 tahun. Lantas apa penyebab dada pria ini tumbuh? Dan jawabannya bisa mengejutkan kita semua.

Dikutip dari dailymail.co.uk, dada pria ini tumbuh diyakini oleh konsumsi fastfood.

Menurut surat kabar China Qianjiang Evening Post, pasien tersebut, yang dikenal dengan nama samaran Xiao Yang, tinggal di daerah Cangnan, Provinsi Zhejiang.

Remaja tersebut melihat pertumbuhan dada kanannya yang signifikan dalam enam tahun yang lalu. Dia dan orang tuanya telah mengunjungi banyak rumah sakit, namun gagal menemukan obatnya.

Mereka lalu pergi ke Rumah Sakit Pusat Wenzhou pada awal Juli, dan diterima oleh Dr Pan Zhongliang.

Dr Pan memberi ultrasonografi B-scan Xiao Yang, yang menunjukkan pertumbuhan kelenjar susu payudara kanannya. Anehnya, dada bagian kirinya tampak normal dan tidak menunjukkan adanya tanda pembengkakan.

Dokter dan timnya melakukan mastektomi pada Xiao Yang. Dia dipulangkan dari rumah sakit lima hari kemudian.

Pertumbuhan payudara Xiao Yang diyakini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, namun tidak mungkin tumbuh kembali setelah operasi, Dr Pan mengatakan kepada Qianjiang Evening Post.

Kondisi ini disebut ginekomastia, yang ditandai pada pria dengan pertumbuhan dada seperti wanita.

Dr Pan mengatakan, jika rumah sakit tersebut menerima lebih dari 100 pasien remaja pria setiap tahunnya, yang menderita kondisi tersebut.

Dia menambahkan bahwa kondisinya kemungkinan disebabkan oleh terlalu banyak makan cepat saji dan makanan sembab, karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya.

Dr Pan menyarankan agar pria hindari mengonsumsi makanan seperti ayam goreng, susu kedelai dan royal jelly.

Loading...

Subscribe to receive free email updates: