Diusir Keluarga, Wanita Muda dan Hamil Melahirkan di Jalan

Wanita melahirkan di jalan.
Kehamilan tentu menjadi momen yang sangat berarti dalam kehidupan seorang wanita, karena mereka akan merasa menjadi wanita seutuhnya. Meskipun menjalani kehamilan tidaklah mudah, karena akan terjadi perubahan dalam diri wanita.

Untuk menjalani proses yang melelahkan selama sembilan bulan ini, mereka tentu membutuhkan dukungan mulai dari suami hingga keluarga. Tapi sayangnya, saat ini banyak sekali kasus kehamilan yang terjadi karena bukan keinginan.

Seperti yang banyak terjadi pada remaja, atau mereka yang belum menikah. Kehamilan bisa menjadi aib yang harus ditutupi. Hal ini juga terjadi pada gadis malang ini, di mana saat hamil ia diusir oleh keluarganya sendiri.

Dikutip dari Daily Mail, seorang remaja yang ditinggalkan kekasihnya dan diusir oleh keluarganya, terpaksa melahirkan bayinya di pinggir jalan. Bahkan petugas puskesmas setempat menolak untuk membantunya.

Gadis berusia 17 tahun ini berasal dari distrik Saraikela-Kharsawan, di Jharkhand, India timur, dan ia telah menjalin hubungan dengan seorang pria di desanya hingga hamil.

Tragisnya, saat dia mengatakan kepada keluarganyanya bahwa dia hamil, mereka justru takut dan akan dipermalukan hingga memutuskan untuk mengusirnya.

Gadis muda itu terpaksa meninggalkan rumah. Menurut penduduk setempat, gadis muda itu terlihat hidup di jalanan selama lebih dari empat bulan lamanya.

Pada hari Senin, 22 Agustus sekitar pukul 7 malam, dia mulai mendekati pusat kesehatan setempat, Chandil Sub Divisional Hospital, untuk meminta bantuan.

Namun staf yang bertugas di sana menolak bertanggung jawab atas dirinya, karena dia tidak didampingi oleh seorang wali.

Pukul 5 pagi, keesokan harinya, gadis itu melahirkan seorang anak perempuan di pinggir jalan, hanya 30 meter dari pusat kesehatan.

Seorang pelintas mata melihat pakaiannya basah kuyup dan tali pusar masih menempel pada bayi, dan menimbulkan kehebohan.

"Ibu dan bayinya terbaring di jalan dalam keadaan kesakitan. Saya menempatkan penghalang jalan di sekitar mereka agar tidak tertabrak kendaraan. Seorang pria pergi ke pusat kesehatan untuk meminta bantuan tapi mereka menolak. Kami kemudian memberitahu polisi," ucap Om Prakash Sharma, penduduk daerah tersebut.

Akhirnya Dr Lakhindra Hansda, petugas medis, di Rumah Sakit Divisi Chandil Sub, keluar untuk memotong tali pusar.

Om Prakash pun akhirnya menjadi wali ibu muda dan bayi itu, sehingga ia dilarikan ke Rumah Sakit Diary Chandil Sub, di mana keduanya akhirnya diobati.

Ibu muda dan bayinya sekarang stabil dan dipindahkan ke tempat penampungan wanita Mahila Suraksha Griha, di Jharkhand.

"Baik ibu dan bayinya sekarang baik-baik saja. Kami akan memberitahu orang tuanya dan semoga dia mendapatkan dukungan yang dia butuhkan," ucap Dr Lakhindra Hansda.

loading...

Subscribe to receive free email updates: