Suku Terasing Ini Alami Perubahan Jenis Kelamin Saat Puber

Suku terasing di Karibia. Foto: dailymail.co.uk
Setiap manusia yang terlahir pasti sudah memiliki jenis kelamin, baik itu laki-laki maupun perempuan. Dan hal tersebut memang sudah ketentuan yang diberikan Tuhan, kepada mahluknya.

Namun saat ini, banyak orang yang mengubah takdirnya dengan menjadi seorang transgender dengan beragam alasan. Tapi bagi penduduk di desa ini, ada hal yang aneh dan misterius terjadi di mana beberapa orang yang justru mengalami perubahan jenis kelamin.

Hal ini terjadi saat seseorang menginjak usia pubertas. Belum ada yang bisa menjelaskan, kenapa seorang wanita bisa tiba-tiba menjadi pria dalam sekejap. Seperti apa penjelasan ilmiah mengenai perubahan mendadak ini?

Dikutip dari dailymail.couk, anak-anak perempuan di sebuah desa terisolasi di Karibia kerap berubah menjadi laki-laki, di mana mereka akan mengalami perubahan jenis kelamin pada masa puber.

Diperkirakan, satu dari 90 anak yang lahir di Salinas di Republik Dominika melakukan transisi ini pada saat mereka mencapai usia 12 tahun.

Hal ini sangat umum terjadi di sana, sehingga tidak lagi dianggap sebagai hal yang tidak normal. Dan anak-anak ini disebut sebagai 'guevedoces.'

Anak-anak ini dikenal sebagai pseudohermafrodite, dieksplorasi dalam serial BBC2 Countdown to Life.

Kelainan genetik yang langka ini disebabkan oleh enzim yang hilang, yang bisa mencegah produksi hormon tipe-dihydro-testosteron di dalam rahim.

Semua bayi di rahim, baik pria maupun wanita, memiliki kelenjar di dalam perut yang dikenal sebagai gonad dan benjolan kecil di antara kedua kaki mereka yang disebut tuberkulum.

Pada sekitar delapan minggu, bayi laki-laki yang membawa kromosom Y mulai memproduksi dihydro-testosteron dalam jumlah banyak, ini mengubah tuberkulum menjadi bagian intim pria. Bagi wanita, itu menjadi klitris.

Tapi beberapa bayi laki-laki akan kehilangan enzim 5-a-reduktase yang memicu lonjakan hormon. Ini berarti mereka tampak terlahir seperti laki-laki namun tanpa testis dan apa terlihat sangat mirip vagna.

Kemudian saat pubertas datang, lonjakan besar testosteron memicu organ reproduksi pria untuk tumbuh. Hal ini menyebabkan suara mereka lebih tegas dan muncul kemaluannya.

Intinya, perkembangan yang seharusnya terjadi di rahim ditunda, dan akan muncul pada tahun ke 12 dalam hidupnya.

Loading...

Subscribe to receive free email updates: