40 Tahun Mainan Ada di Paru-paru, Begini Bentuknya Saat Ini

Mainan di paru-paru.

Saat tubuh dimasuki oleh benda asing, maka ia akan bereaksi yang biasanya dalam bentuk sakit. Namun kadang, ada orang-orang yang tidak sadar telah kemasukan benda asing di tubuhnya, dan ditemukan hingga puluhan tahun kemudian.

Salah satunya seorang tukang ini, yang dicurigai menderita kanker paru-paru oleh dokter saat ia mengeluhkan sakit di bagian dadanya. Namun dokter terkejut, karena menemukan benda yang sudah lama ada di dalam paru-parunya.

Pasien berusia 47 tahun tersebut, yang namanya tidak disebutkan, mengeluh batuk terus menerus dan kadang mengeluarkan lendir kuning. Ia juga merasa tidak enak badan selama lebih dari satu tahun. Hingga ia mencari bantuan dari dokter.

Pemindaian menunjukkan, sebuah massa ada di dalam paru-parunya, yang diasumsikan oleh dokter sebagai tanda kanker karena dia telah merokok selama tiga dekade. Mereka segera memanggilnya ke rumah sakit.

Selama prosedur untuk memeriksa jalan napasnya, petugas medis menemukan bahwa massa tersebut terlihat seperti kerucut lalu lintas dari set Playmobil. Dan benar saja, usai pemeriksaan lebih lanjut menemukan jika massa tersebut adalah mainan.
Mainan anak-anak dari dalam paru-paru.
Dokter yang menangani pasien ini dalam menulis dalam laporan Kasus BMJ telah menjulukinya sebagai misteri medis, karena lamanya waktu benda tersebut berada di sana tanpa menunjukkan gejala apapun.

"Sepengetahuan kami, ini adalah kasus pertama yang dilaporkan dari sebuah benda asing tracheobronchial yang diabaikan selama 40 tahun," tulis dokter yang menanganinya.

Bronkoskopi dilakukan di Rumah Sakit Royal Preston setelah pasien dirujuk, karena kekhawatiran bahwa benjolan itu adalah tanda karsinoma bronkogenik.

Segera setelah menjalani prosedur tersebut, pasien mengungkapkan bahwa dia sering bermain dengan mainannya dan bahkan menelan potongan Playmobil hingga tumbuh dewasa.

Dia ingat saat diberi set khusus Playmobil ini sebagai hadiah pada ulang tahunnya yang ketujuh, lapor para dokter.

Bagaimana benda itu tidak menimbulkan gejala?

Dokter menduga, seiring bertambahnya usia, saluran napasnya terbentuk dan menyesuaikan dengan kehadiran benda asing. Dan benar saja, setelah empat bulan pengangkatan kerucut lalu lintas kecil, gejalanya berkurang. Dan kini ia pun dinyatakan sembuh dari batuknya.

Foto: dailymail.co.uk
Loading...

Subscribe to receive free email updates: