Berlian Terbesar di Dunia Dijual, Harganya Bikin Melongo

Berlian terbesar di dunia.

Banyak sekali batu-batu berharga mahal di dunia ini, di antaranya zamrud, rubi, dan yang cukup terkenal adalah berlian. Benda paling keras di dunia ini memiliki beragam jenis, tergantung dari tingkat kejernihannya.

Semakin jernih, maka harganya kian melambung tinggi. Tidak mudah untuk menemukan berlian. Bahkan di satu tambang pun besar pun, berlian hanya bisa ditemukan dalam ukuran kecil saja.

Tetapi apakah Anda pernah melihat berlian terbesar di dunia? Jika tidak, inilah berlian yang memiliki ukuran sebesar bola tenis. Berlian yang satu ini belum dipotong-potong, jadi masih sama seperti saat ditemukannya.

Dan berlian ini telah dijual ke toko perhiasan di Inggris, Graff, dan harganya bikin melongo yaitu £ 40 juta atau Rp717 miliar saja.

Adalah penambang dari Kanada, Lucara Diamond yang menjual berlian 1.109 karat - Lesedi La Rona - ke Graff. Yang ditemukan di sebuah tambang di Karowe, Botswana pada akhir tahun 2015.

"Kami sangat senang dan merasa terhormat untuk menjadi penjaga baru berlian yang luar biasa ini. Batu itu akan menceritakan kisahnya, itu akan mendikte bagaimana rasanya dipotong, dan kita akan sangat berhati-hati untuk menghormati sifat istimewanya," kata ketua perusahaan, Laurence Graff, dalam sebuah pernyataan.

Lucara membenarkan harga yang sangat fantastis ini dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan di Vancouver.

"Penemuan Lesedi La Rona adalah acara yang menentukan perusahaan untuk Lucara. Ini memperkuat potensi dan kecacatan yang menakjubkan dari berlian yang ditemukan di tambang Karowe," kata William Lamb, presiden dan chief executive Lucara.

Berlian murni tersebut sebelumnya gagal dijual dengan harga lebih dari $70 juta atau Rp910 miliar pada lelang Sotheby pada tahun 2016. Penawaran terbesar hanya seharga $61 juta atau Rp793 miliar dan ditarik kembali dari pandangan publik.

Dan kini, Graff memiliki kesempatan unik untuk membuat rangkaian permata yang sangat istimewa ini. Batu-batu itu sendiri adalah Tipe IIa, yang secara kimia murni, dengan kejernihan dan kualitas yang luar biasa.

Nama Lesedi La Rona bagi berlian ini berarti 'cahaya kita' dalam bahasa Tswana di Botswana. Bisa dipotong menjadi bagian-bagian yang lebih kecil untuk perhiasan, atau keseluruhannya untuk koleksi pribadi.

Graff Diamonds sendiri memiliki sejarah panjang untuk mendapatkan batu mulia ini dalam transaksi jutaan dolar. Pada tahun 2006, ia membeli 603 karat tanpa penawaran Lesotho Promise di sebuah lelang di Belgia seharga $12,4 juta.

Foto: dailymail.co.uk
Loading...

Subscribe to receive free email updates: