Foto-foto Aneh yang Dipamerkan di Pameran Abad Ke-19

Setiap mahluk hidup memiliki ciri khas yang berbeda dengan yang lainnya, bahkan anak kembar sekalipun akan terlihat perbedaannya. Namun kadang, ada juga mahluk hidup yang dilahirkan tidak sempurna termasuk manusia.

Dahulu, mereka yang terlahir dengan cacat di tubuhnya selalu menjadi sebuah komoditas, bahkan bisa untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Mereka juga kerap hidup terpisah, dan dijadikan sebuah objek pertunjukkan.

Mereka juga kerap direkrut untuk masuk ke dalam sirkus, yang terjadi pada abad ke-19 dan ke-20. Seperti foto-foto dari abad ini, yang dipamerkan dalam sebuah pameran yang kemudian disebut 'pertunjukan aneh'.
Seorang wanita bersama denan orang-orang dengan kepala kecil.

Seorang pria yang memiliki rambut yang menutupi wajahnya.

Kepala pria ini lancip dan juga kecil, dan menjadi salah satu artis sirkus pada masanya.

Seorang wanita dengan janggut yang sangat panjang.

Seorang pria menggulung dirinya dengan kain. Apakah anggota tubuhnya lengkap? Entahlah.

Sekelompok pemain sirkus.
Wanita dengan wajah berbulu, pria yang lahir tanpa anggota badan, dan seorang gadis yang mirip burung hanyalah beberapa individu yang diarak mengelilingi sirkus seedier di Amerika Serikat.

Orang-orang terpesona oleh individu-individu tersebut, beberapa di antaranya mendapatkan ketenaran dan kekayaan jika kerap tampil. Sementara yang lainnya harus mengalami perbudakan, sebagai akibat dari ketidakmampuan mereka.

Meskipun tidak diketahui apa yang terjadi pada mereka selanjutnya, karakter dalam foto-foto ini menjadi bintang paling terkenal dan paling kaya di generasi mereka.

Ada juga foto-foto yang berasal dari film 'Freaks' tahun 1932, yang menceritakan tentang sekelompok pemain sirkus di Amerika Serikat yang bermain-main melawan pemain trapeze, dan kekasihnya saat pasangan tersebut berusaha memanfaatkannya.

Tapi tetap saja, foto dan film ini tetap menjadi pengingat bahwa orang-orang yang berbeda pernah menjadi penghibur.

Foto: dailymail.co.uk
Loading...

Subscribe to receive free email updates: