Kamis, 21 September 2017

Ini Dia Danau Paling Berbahaya di Dunia

Danau Chagan, danau paling berbahaya di dunia.
Danau adalah salah satu keajaiban alam, yang terbentuk selama ratusan bahkan ribuan tahun silam. Namun seiring dengen berkembangnya teknologi yang dimiliki manusia, maka kita pun sering membuat danau buatan.

Danau buatan ini ditujukan biasa untuk penampungan air, atau sekaligus sebagai pembangkit listrik yang biasa kita sebut sebagai waduk atau bendungan. Untuk membuatnya, tentu tidak mudah dan membutuhkan biaya yang sangat besar.

Tapi ada satu danau buatan manusia yang sangat berbahaya, bahkan hingga saat ini terlang untuk dikunjungi. Di mana danau tersebut dan mengapa bisa sangat berbahaya bagi manusia? Berikut penjelasannya.

Dikutip dari Daily Mail, inilah saat yang menakjubkan dimana Rusia menggunakan bom nuklir untuk membuat sebuah danau atau waduk. Namun rencana brilian ini berakhir dengan pasokan air yang kaya akan radioaktif. Dan danau ini dikenal sebagai Danau Atom.

Sebuah rekaman yang mengabadikan pembuatan danau ini menunjukkan, sebuah awan jamur besar terbentuk setelah nuklir Soviet di bawah tanah diledakkan di Chagan, di tepi Situs Uji Semipalatinsk di Kazakhstan.

Video klip dari bulan Januari 1965 ini, menunjukkan bagaimana ledakan 140 kiloton menciptakan kawah besar berukuran 100 meter langsung terbentuk.

Dan danau Chagan atau danau atom ini masih ada sampai sekarang, namun masih tingginya radioaktif membuatnya terlarang bagi pengunjung karena sangat berbahaya.

Peledakan nuklir di Chagan itu juga menjadi peledakan terbesar yang pernah dilakukan. Daya ledak nuklirnya sekitar 140 kiloton, sehingga bibir kawah langsung terbentuk.

Awalnya Soviet bangga dengan Danau Chagan pada saat penciptaannya, dan Menteri Kementerian Mesin Medium Building bahkan dapat terlihat berenang di danau dekat akhir rekaman. Air juga sempat digunakan untuk memberi makan ternak di daerah tersebut.

Berikut video Pembentukan Danau Paling Berbahaya di Dunia

Loading...