Ada Kode SSSS yang Misterius dalam Boarding Pass, Ini Artinya

Kode SSSS di boarding pass.
Pesawat terbang menjadi satu-satunya transportasi yang sangat cepat untuk mencapai tujuan yang sangat jauh, bukan lagi antar pulau tetapi antar negara. Namun, kita harus diperiksa lebih ekstra untuk bisa terbang dengan pesawat.

Mulai dari tiket hingga pemeriksaan di bandara, bisa memakan waktu sangat lama. Maka tidak heran, jika penumpang pesawat harus berada di bandara beberapa jam sebelum pesawat diberangkatkan.

Namun jika Anda hendak bepergian ke luar negeri, coba cek boarding pass Anda, apakah ada kode SSSS di sana? Jika ada maka Anda harus tahu kode rahasia tersebut, karena Anda akan diperlakukan berbeda dengan yang lainnya.

Penumpang maskapai yang menemukan kode SSSS atau Secondary Security Screening Selection, yang dicap di boarding pass mereka akan menghadapi pemeriksaan keamanan ekstra dan penundaan.

Kode ini tidak berbahaya, dan berlaku bagi mereka yang akan pelancong ke Amerika Serikat. Artinya boarding pass ini telah dipilih untuk menjalani proses penyaringan keamanan yang lebih ekstensif, yang bisa memakan waktu hingga setengah jam sebelum menaiki pesawat.

Proses penyaringan ini termasuk pencarian tas, penggeledahan dan validasi identitas, dilakukan oleh Administrasi Keamanan Transportasi (TSA).

TSA menegaskan bahwa pelancong yang menerima kode SSSS dipilih secara acak, namun beberapa di antaranya mengklaim bahwa mereka sering dikesampingkan saat melakukan perjalanan, menurut mamamia.com.

Seorang penumpang mungkin bisa mengatakan, bahwa mereka harus menjalani pemeriksaan tambahan jika mereka tidak dapat mencetak boarding pass mereka di konter check-in bandara.

Menurut Seth Weinstein, seorang pengacara bea cukai Amerika Serikat, Departemen Keamanan Dalam Negeri dan dan Bea dan Perbatasan menggunakan Database Terrorist Screening yang dikelola oleh Terrorist Screening Center, untuk menentukan siapa yang memenuhi syarat untuk mendapatkan kode SSSS.

Skema ini diperkenalkan setelah serangan teror 9/11, untuk membantu petugas keamanan memantau orang-orang yang berpotensi berbahaya memasuki atau meninggalkan Amerika Serikat

Namun, para pelancong dapat meminta agar dikeluarkan dari daftar orang penerima kode SSSS dengan mengirimkan dokumentasi dan bukti ke Program Inquiry Redress Traveler.

Foto: dailymail.co.uk.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: