Tikus Terbesar di Dunia Ini Mampu Buka Kelapa dengan Giginya

Tikus terbesar di dunia.

Siapa yang tidak takut sama tikus? Mungkin hampir setiap orang takut kepada hewan pengerat yang satu ini. Apalagi tikus got, selain ukurannya yang bisa sangat besar juga bisa membawa penyakit yang berbahaya.

Tapi ukuran tikus got yang sering kita temui ini, mungkin masih kalah dengan tikus yang satu ini. Pasalnya, para ilmuwan telah mengidentifikasi salah satu jenis spesies tikus terbesar di dunia, dan ini bisa membuat Anda lebih takut lagi.

Tikus raksasa ini diberi nama Uromys vika, di mana ia mampu membuka kelapa dengan giginya yang tajam. Lantas di mana tikus ini tinggal dan berapa ukuranya? Berikut fakta-fakta dari tikus terbesar di dunia.

Tikus ini panjangnya sekitar 40-50 sentimeter dengan berat mencapai dua kilogram. Dan habitat mereka di Kepulauan Solomon di Pasifik Selatan.

Namun hanya satu tikus yang berhasil ditemukan, dan meninggal tak lama setelah ditangkap. Hewan itu berukuran lebih dari empat kali ukuran tikus hitam yang tinggal di got.

Keberadaan tikus ini sudah lama dicurigai, di mana banyak penduduk yang tinggal di pulau kerap melihat buah kelapa yang sudah terbuka.

Dr Tyrone Lavery, dari Field Museum di Chicago, yang menemukan tikus tersebut, mengatakan: "Spesies baru, Uromys vika, cukup spektakuler--ini adalah tikus raksasa yang besar. Ini tikus pertama yang ditemukan dalam 80 tahun dari Solomon, dan sangat sulit ditemukan."

Tikus ini memiliki rambut coklat, dengan kaki belakang yang lebar dan kuku yang melengkung. Ekornya tidak berbulu dan biasanya bersarang di pohon kapuk di Vangunu di Kepulauan Solomon.

Eksistensi tikus ini telah dicurigai setidaknya selama dua dekade terkhir, di mana orang-orang yang tinggal di pulau itu menyebarkan cerita tentang kelapa yang terbuka.

Foto: dailymail.co.uk
Loading...

Subscribe to receive free email updates: